oleh

Aksi Spesialis Jambret Motor Terungkap Lewat “Blackberry”

Ilustrasi/Istimewa
Ilustrasi/Istimewa

kupasbengkulu.com – Spesialis jambret dengan menggunakan sepeda motor di wilayah Kota Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, berinisial IA (17) warga Desa Lubuk Ladung, Kedurang, Selasa (24/06/2014) dibekuk aparat Polres Bengkulu Selatan.

Aksi pelaku terungkap setelah dilakukan pelacakan terhadap ponsel blackberry (BB) hasil kejahatan tersangka yang dijual kepada DA (21) warga yang berasal dari daerah yang sama dengan pelaku.

Sebelumnya pada tanggal 6 Juni 2014 sekitar pukul 21.00 WIB korban Linda Aprianti (25) warga Jalan Afan Baksin, Kota Manna pulang dari belanja di Toko Zan Mart di Jalan A Yani Ibul Pasar Manna.

Setibanya di Simpang Rukis dua orang menggunakan sepeda motor vega langsung memepet dan mengambil tas korban yang ada di bagasi motor bagian depan. Sehingga korban kehilangan dompet yang berisi ponsel BB dan uang tunai senilai Rp 400 ribu.

Rupanya beberapa lama setelah kejadian, begitu dilacak melalui Blackberry Messenger (BBM) oleh adik korban, diketahui bahwa keberadaan ponsel milik korban masih aktif dan sedang dikuasai oleh DA. Dipancing adik korban melalui BBM, DA mau ketemuan di Tanah Lapang, Kota Manna.

Dan tanpa disadarinya bahwa adik korban telah menghubungi aparat Polres Bengkulu Selatan. DA berhasil dibekuk petugas Selasa (24/06/2014) sekitar pukul 14.00.WIB di lokasi tersebut, menyusul petugas menangkap juga pelaku penjambretan berinisial IA di rumahnya.

Kapolres Bengkulu Selatan AKBP Abdul Muis, SIK, melalui Pjs Humas Bripka Sudarminto, membenarkan penangkapan kedua pelaku tersebut. Dari pengakuan DA, jelas dia, bahwa ponsel BB tersebut dibeli dari IA dan RO senilai Rp 650 ribu.

“Saat ini keduanya telah diamankan dan sudah kami tetapkan tersangka, sementara RO masih diburu,” tandas Sudarminto.(tom)

Rekomendasi