Sabtu, Mei 18, 2024

Anggaran Dipangkas, Pilkada Bengkulu Selatan Terancam Amburadul

Holman

bengkulu selatan, kupasbengkulu.com – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) di Kabupaten Bengkulu Selatan yang rencananya akan dilaksanakan pada tahun 2015 mendatang dipekirakan tidak akan berjalan maksimal.

Pasalnya pada pembahasan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD) tahun 2015, pihak DPRD dan pihak Tim Pembahasan Anggaran Pemrintah Daerah (TAPD) memangkas beberapa anggaran di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang belum dianggap perlu atau belum masuk dalam skala Prioritas.

Pemangkasan anggaran yang diusulkan setiap SKPD hingga 20 persen itu terjadi juga pada Komisi Pemilihan umum (KPU) Bengkulu Selatan. Pihak Dewan Perwaklilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Tim TAPD Pemkab Bengkulu Selatan tidak menyetujui seluruh usulan anggaran Pilkada sebesar Rp 28 Miliar yang telah di usulkan secara terinci oleh Komisi Pemilihan Umum.

Wakil ketua 2 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bengkulu Selatan Susman Hadi, kepada wartawan menerangkan, dari hasil rapat Pembahasan R-APBD 2015, pihaknya hanya menyetujui untuk anggaran Pilkada Bengkulu Selatan senilai Rp 9 miliar dari usulan KPU Bengkulu Selatan yang membutuhkan dana mulai dari tahapan persiapan Pilkada hingga pelaksanaan nantinya itu senilai Rp 28 miliar tersebut. ya.

“Memang betul, untuk anggaran pilkada yang diusulkan KPU senilai Rp 28 miliar itu hanya disetujui sebesar Rp 9 Miliar,” jelas Susman.

“Pemangkasan dana pilkada itu sudah dikaji dalam pembahasan RAPBD bersama TAPD Pemkab Bengkulu Selatan. Dalam waktu dekat RAPBD Bengkulu Selatan akan disahkan,” pungkas Susman.

Sementara itu Ketua KPU Bengkulu Selatan, Holman, kepada wartawan mengungkapkan, kalau dana untuk Pilkada hanya dianggarkan atau hanya disetujui senilai Rp 9 miliar.

Ini akan berdampak pada pelaksanaan Pilkada mulai dari tahapan hingga pelaksanaannya nanti tidak akan berjalan maksimal, dan bisa – bisa pelaksanannya nanti amburadul.

Bagaimana tidak kata Holman, kalau hanya Rp 9 miliar itu hanya sebatas dapat membayar honor petugas di tingkat desa saja. Sementara kebutuhan yang diperlukan mulai dari tahapan yang akan digelar pada bulan Januari 2015 ini nanti, hingga pelaksanaannya semua sudah dimasukkan dalam usulan secara terinci, dan secara rill sesuai kebutuhan nantinya.

“Sebenarnya, dana yang kita usulkan sebesar Rp 28 Miliar tersebut tidak cukup, namun karena informasinya ada tambahan dana sering dari pemerintah Provinsi Bengkulu senilai Rp 2,5 miliar, maka KPU hanya mengusulkan Rp 28 miliar saja,” pungkasnya.(tom)

Related

Polisi Ingatkan Pengunjung Wisata Pantai Waspadai Cuaca Ekstrim

Kupas News, Bengkulu Selatan – Kendati tingginya gelombang laut...

Pembangunan Titik Nol Perbaikan Jalan Bengkulu Selatan Dimulai

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat meninjau pembangunan Titik Nol...

Bhabinkamtibmas Sambangi Pasar Kutau Pantau Ketersediaan Stok Sembako

Kupas News, Bengkulu Selatan - Kepolisian Resor Bengkulu Selatan melalui...

Polisi Amankan Terduga Pelaku Penyalahgunaan Narkotika di Bengkulu Selatan

Kupas News, Bengkulu Selatan – Polres Bengkulu Selatan selidiki...

Akibat Ngantuk, Pelajar di Kota Manna Tabrak Ambulance

Kupas News, Bengkulu Selatan – Diduga mengantuk saat mengendarai...