Sabtu, Mei 25, 2024

Asisten II Pastikan Tuntutan Aksi Buruh di Bengkulu Sampai Ke Pusat

Kupas News, Kota Bengkulu – Aksi demontrasi buruh se-Provinsi Bengkulu yang digelar di kantor Gubernur Bengkulu, Rabu, mendapat respon dari Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu, Fachriza Razie.

“Jadi hari ini kami mewakili pak gubernur, menerima aspirasi serikat pekerja yang hadir dari perwakilan Mukomuko, Lebong dan Kota Bengkulu,” kata Fachriza menanggapi aspirasi perwakilan buruh di ruang media center.

Dijelaskna Fachriza ada beberapa poin tuntutan buruh yang antara lain menolak kenaikan harga BBM, menolak Undang-undang cipta kerja Omnibus Law serta meminta penambahan UMR atau UMP provinsi Bengkulu sebesar 13 persen.

“Tuntutan ini nantinya akan kita diteruskan ke pemerintah pusat. Karena kewenangan dari persetujuan tuntutan itu adanya di pemerintah pusat,” kata dia.

Terkait penambahan upah buruh, dirinya berjanji akan mengkaji lebih dahulu sebelum disampaikan kepada pemerintah pusat untuk ditindaklanjuti oleh dewan pengupahan.

“Itu sudah dikaji oleh Disnaker dan Transmigrasi provinsi Bengkulu dan akan ditindaklanjuti di dewan pengupahan. Nanti keputusannya pusat yang menentukan,” sampai Fachriza.

Lebih lanjut, Fachriza menjelaskan akan meminta kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu untuk memastikan setiap perusahaan yang menjadi mitra pekerja melaksanakan kewajiban dan tanggungjawabnya.

“Nanti tim itu akan menilai perusahan yang sudah menjalankan prosedur kemitraan dengan pekerja apakah sudah tepat dan sesuai aturan, jangan sampai mereka yang berbuat nakal sehingga nantinya para pekerja dirugikan,” demikian.

Reporter: Irfan Arief

Editor: Riki Susanto

Related

Personel Polres Mukomuko Ikuti Sosialisasi Pembinaan Etika Profesi Polri

Personel Polres Mukomuko Ikuti Sosialisasi Pembinaan Etika Profesi Polri ...

Ketua Panwaslu Kecamatan Tanjung Kemuning Lantik 44 Orang PTPS

Ketua Panwaslu Kecamatan Tanjung Kemuning Lantik 44 Orang PTPS   Tue,...

Alat Berat Diturunkan Atasi Longsor Jalur Lintas Curup-Muara Aman

Alat Berat Diturunkan Atasi Longsor Jalur Lintas Curup-Muara Aman ...

Pemprov Bengkulu Pastikan Mobilisasi Material Proyek ke Pulau Enggano Lancar

Pemprov Bengkulu Pastikan Mobilisasi Material Proyek ke Pulau Enggano...

Apel Perdana Tahun 2024, Bupati Kopli Pesankan Ini Kepada Seluruh ASN

Apel Perdana Tahun 2024, Bupati Kopli Pesankan Ini Kepada...