Sabtu, April 13, 2024

Basarnas Punya Kapal Baru Seharga Rp 114 Miliar

Presiden SBY saat menyaksikan kebolehan tim Basarnas saat simulasi
Presiden SBY saat menyaksikan kebolehan tim Basarnas saat simulasi

kupasbengkulu.com – Badan SAR Nasional (Basarnas) mendapatkan dua kapal baru buatan Indonesia yang setia dalam operasi kemanusiaan lembaga itu kedepan, peresmian tersebut dihadiri langsung Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY), Rabu (5/3/2014), di Dermaga PT Persero Pelabuhan Indonesia II Merak, Banten.

Presiden SBY meresmikan hadirnya dua kapal baru milik Basarnas yang berjenis Catamaran. Kapal produksi dalam negeri bermesin buatan Jerman ini diproduksi selama dua tahun sejak tahun 2012 dan diserahterimakan pada akhir Desember 2013.

Kapal ini dinamai Kapal Negara SAR Pacitan (SAR 102) bermesin Jerman MAN dan Kapal Negara SAR Purworejo (SAR 101) bermesin Jerman Cummin. Kapal baru ini memiliki panjang 59 meter, mampu bergerak dengan kecepatan maksimal 29 knot, memiliki stabilitas tinggi dan tahan terhadap cuaca buruk.

Kapal berbahan alumunium ini dilengkapi helideck untuk landasan helicopter serta memiliki fasilitas untuk penyelamatan dan pencarian korban dan sistem navigasi dengan camera plear untuk pencarian korban.

Produksi dua buah kapal ini menelan biaya Rp 114 miliar. Dana diambil dari anggaran Basarnas. Kapal Negara SAR Pacitan (SAR 102) akan dikirim ke laut Kendari, sedangkan Kapal Negara SAR Purworejo (SAR 101) akan dikirim ke perairan Batam.

Mengenakan seragam Basarnas, dari atas deck Kapal Negara SAR Pacitan, Presiden SBY menyaksikan demo dan simulasi operasi SAR serta proses evakuasi korban. Pertama, dilakukan rubberduck dengan 2 payung, statis freefall, diikuti awak perahu karet yg mendarat secepat mungkin menuju perahu yang mengalami musibah.

Selain itu, dari udara diturunkan helo water jump dengan hoist yaitu adegan menurunkan tim rescue untuk menjemput korban dari laut dari ketinggian 5 meter. Sebanyak 60 sea rider juga unjuk kebolehan di hadapan presiden. Dalam simulasi rescue ini, SAR menggunakan 2 unit pesawat CASA, 2 unit Helikopter Dauphin, 2 unit helicopter BP 105, 2 unit rescue boat catamaran 59 meter, 1 unit rescue boat 40 meter,2 unit RIB, 9 unit rubber boat, 2 unit hovercraft, 5 unit paramotor dan peralatan lainnya.

Setelah meresmikan Kapal SAR Pacitan dan Purworejo, Presiden menuliskan pesannya pada papan pesan “Misi SAR memerlukan kecakapan dan keberanian, terus bertugas untuk selamatkan manusia!”.

Basarnas lahir 28 Februari 1972, lembaga ini sebelumnya bertanggungjawab kepada Menteri Perhubungan, kini telah berubah menjadi bertanggungjawab langsung kepada Presiden RI, seiring dengan perubahan menjadi Lembaga Pemerintah non Kementrian. (kps)

Related

Songsong Kepemimpinan Berintegritas Era Society 5.0, Sespimma Lemdiklat Polri Gelar Seminar Sekolah

Kupas News – Untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan yang berintegritas...

Humas Polri Gandeng Media Massa Wujudkan Pemilu Aman

Kupas News, Jakarta - Divisi Humas Polri menggandeng sejumlah...

Pembukaan KBN 2022 di Bengkulu Ditandai Peluncuran Logo dan Maskot

Kupas News, Kota Bengkulu – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah...

Polri Kerahkan Pasukan Bantu Penanganan Gempa Cianjur

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat diwawancarai...

Ombudsman RI Minta Cabut Permentan Nomor 10 Tahun 2022

Kupas News, Kota Bengkulu - Anggota Ombudsman RI, Yeka...