Senin, Juni 27, 2022

BKP Sebut Puluhan Ribu Hektare Sawah Bengkulu Menyusut

Baca selanjutnya

illustrasi sawah
illustrasi sawah

Bengkulu, kupasbengkulu.com – Badan Ketahanan Pangan (BKP) Provinsi Bengkulu, menyebutkan lebih dari 20 ribu hektare areal persawah di daerah itu beralih fungsi dalam 10 tahun terakhir.

Alih fungsi itu terjadi akibat minimnya sarana pendukung pertanian persawahan seperti irigasi, pupuk dan lain sebagainya. Alih fungsi sawah didominasi oleh perkebunan kelapa sawit, perumahan dan lainnya.

(Baca juga: Isu Besar Pangan)

“Berdasarkan citra satelit 2013 untuk dua kabupaten di Mukomuko dan Seluma terdapat 20 ribu hektare sawah beralih fungsi menjadi perkebunan, perumahan dan sebagainya,” kata Muslich, (16/10/2014).

Ia menyontohkan untuk Kabupaten Mukomuko sebelumnya terdapat 20 ribu hektare sawah sekarang menyusut tinggal empat ribu hektare.

Kabupaten Seluma sebelumnya 12 ribu hektare susut jadi 8 ribu hektare. Sayangnya, Muslich belum dapat memberikan jumlah pengurangan lahan sawah di Bengkulu secara menyelurh dikarenakan proses pemotretan satelit lahan di Bengkulu selesai pada 2015.

“Saat ini kami sedang menyelesaikan pemotretan citra satelit areal sawah di seluruh kabupaten, pada 2015 pemotretan itu selesai maka data riil penyusutan akan didapat,” beber dia.

Ia tambahkan penyebab penyusutan areal sawah itu diakibatkan banyak faktor seperti belum maksimalnya irigasi, dan lain sebagainya.

Meski demikian terdapat beberapa kabupaten yang telah mengeluarkan kebijakan untuk tidak melakukan alih fungsi lahan dengan mengeluarkan berbentuk Perda.

Ia meyakini dengan menyelesaikan pemotretan citra satelit itu maka akan dilakukan langkah antisipasi dan mecetak sawah baru guna memperbaiki ketahanan pangan daerah.(kps)

Lomba Tenis Meja Polairud Bengkulu Resmi Ditutup

Kupas News, Kota Bengkulu - Lomba tenis meja yang digelar Polairud, Polda Bengkulu resmi ditutup. Ajang yang digelar dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-76...

Polairud Gelar Lomba Tenis Meja Sambut HUT Bhayangkara

Kupas News, Kota Bengkulu - Semarak menyambut HUT Bhayangkara ke-76 terus digelorakan jajaran Polda Bengkulu dengan menggelar berbagai kegiatan. Sabtu, 25 Juni 2022, giliran...

Selamat Datang Airlangga

Kupas Artikel - Ucok mengangkat telepon dengan nada tergesa-gesa. Ia mungkin sangat terkejut tumben-tumben saya menelpon. “Siap bos” tutur Ucok menyambut telepon saya. Beberapa...

Bengkulu Tuan Rumah Open Swimming Championship 2022 se-Sumatera

Kupas News, Bengkulu - Gubernur Rohidin Mersyah membuka kejuaraan Bengkulu Open Swimming Championship se Sumatera Tahun 2022 di Kolam Renang Rafflesia Kota Bengkulu, Jum'at...

Wagub Rosjonsyah Terima Kunjungan Eks Gubernur Jabar

Kupas News, Bengkulu - Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu Rosjonsyah menerima audiensi mantan Gubenur Jawa Barat Ahmad Heryawan dalam rangka investasi di bidang Kopi Bengkulu...

Terbaru