oleh

Dari Mana Asalnya Nama Seluma? Simak Tulisan Ini..

Logo Kabupaten Seluma
Logo Kabupaten Seluma

kupasbengkulu.com – Apalah arti sebuah nama kabupaten Seluma, melainkan berasal dari kata “siluman” yang tanpa makna kata Sekretaris Presedium persiapan pemekaran kabupaten Seluma Hj.Bustan A. Dali belum lama ini.

“Seluma itu berasal dari kata Siluman,konon nama Seluma ini diangkat dari seekor naga bertelur dua yang menutup Danau Bukit Campang di Kerajaan Selebar, begitu menetas telur keluar kemudian menghilang, sehingga di anggap siluman,”katanya.

Setelah itu,lanjut Bustan yang juga ketua Dewan Koprasi Indonesia (DKOPIN) Kabupaten Seluma ini yang memberi nama Seluma tersebut adalah Puyang Perpati Sakti yang diutus oleh Adica Warman Raja Kerajaan Pagar Uyup.

(Baca juga: Sejarah Suku Seluma)

“Pada zaman dahulu,Puyang Perpati Sakti diutus oleh Adica Warman yang merupakan Raja Kerajaan Pagar Uyup dari daerah Sungai Terap untuk mengetahui potensi di Pulau Sumatra, setelah tiba di Kerajaan Selebar, Puyang Perpati Sakti melihat secara lansung seekor naga yang menetaskan telurnya setelah itu menghilang.Dari sanalah Puyang Perpati sakti mengetahui bahwa naga tersebut merupakan Siluman dan memutuskan memberi nama daerah tersebut Seluma,yakni kabupaten Seluma saat ini,”ungkapnya.

Sedangkan arti dari slogan Serawai Serasan Seijoan yaitu Serawai satu rumpun, serasan satu mufakat dan seijoan satu musyawarah.

“Satu rumpun itu satu keluarga,serasan satu mupakat sedangkan seijoan yaitu satu musyawarah, memang pembuatan moto atau selogan itu atas permintaan Puyang Jurai Agung yang ini merupakan Puyang orang seluma,”tandasnya.

Menjawab pertanyaan lebih jauh Bustan menjelaskan bahwa sebutan Bumi Serasan Seijoan itu tidaklah benar menurutnya yang benar itu Tana Serawai.

“Saya sudah berapa kali sampaikan ke Pak Bupati bahwa Serawai serasan seijoan itu hanya moto, bukan malah dikatakan bumi serasan seijoan,yang benar itu “tana Serawai”,katanya mengahiri.(cr9)

Rekomendasi