Minggu, Mei 29, 2022

Dosen Unib Temukan Pupuk Penetralisir Logam Tanah Bekas Tambang

Baca selanjutnya

Dr. Ir. Yudhy Harini Bertham
Dr. Ir. Yudhy Harini Bertham

kupasbengkulu.com – Dr. Ir. Yudhi Harini Bertham, dosen Fakultas Pertanian yang peduli lingkungan akhirnya mendapat hak paten dari pupuk hayati hasil risetnya selama 13 tahun.

“Saya telah menggeluti riset ilmu tanah sejak tahun 2000 saat masih kuliah pascasarjana (S2). Akhirnya pada tahun 2013 lalu hasil riset saya sudah dipatenkan oleh Direktorat Perguruan Tinggi (DIKTI)”, ungkapnya.

Produk pupuk hayati yang telah dipatenkan ini yaitu : Mikoriza Arbuskula, Rhizobium, dan Pupuk pelarut phosphat.

“Pupuk hayati memilki keunggulan-keunggulan tersendiri dibandingkan pupuk kimia. Pupuk hayati, selain lebih murah, juga ramah lingkungan dan tidak merusak tanah”, jelasnya.

Menurutnya, residu (limbah) dari pupuk hayati dapat diolah kembali menjadi pupuk hayati yang masih memberi manfaat bagi kesuburan tanah. Sedangkan pupuk kimia yang dipakai berlebihan dapat merusak tanah, sehingga dapat merugikan lingkungan.

Ia sudah banyak melakukan sosialisasi mengenai pupuk hayati ini ke berbagai daerah, di antaranya Curup, Kabawetan, Pondok Kelapa, Kota Bengkulu, dan beberapa tambang batubara di provinsi Bengkulu.

“Penerapan pupuk hayati di pertambangan adalah untuk meminimalisir keracunan logam berat pada tanaman yang tumbuh di bekas pertambangan batubara”, jelasnya lagi.

Sedangkan penerapan pada tanaman pertanian adalah untuk memperbaiki struktur tanah supaya tanaman bisa tumbuh lebih subur dan produktif.

“kami belum memproduksi ini secara besar-besaran disebabkan keterbatasan tempat. Namun, beberapa pihak sudah memesan pupuk hayati ini untuk digunakan di perkebunan mereka”, tambahnya.

Nah, para pembaca dan pecinta lingkungan, jika anda ingin tau lebih dalam tentang pupuk hayati yang ramah lingkungan ini, dapat menghubungi Dr. Ir. Yudhy Harini Bertham di kantor Laboratorium Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu.(cr2)

Batal Tata DDTS, Dispar Kota Tetap Lakukan Pembinaan

Kupas News, Kota Bengkulu - Kendati batal menata kawasan wisata Danau Dendam Tak Sudah (DDTS) karena terkendala beberapa peraturan. Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui...

Gubernur Rohidin Lantik Pj Bupati Bengkulu Tengah

Kupas News, Bengkulu - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Rabu, (25/5) secara resmi melantik Heryandi Roni sebagai Penjabat (Pj) Bupati Bengkulu Tengah (Benteng), di Balai...

Disdukcapil Dukung Program Penyederhanaan Administrasi Berbasis Data Kependudukan

Kupas News, Kota Bengkulu – Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan tengah mengupayakan wacana pemberlakuan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam KTP menjadi Nomor Pokok Wajib...

Dahri Iskandar: Jangan Tunggangi Kepentingan Politik Soal Pembebasan 40 Petani

Kupas News, Mukomuko – Kapolres Mukomuko membebaskan 40 orang tersangka dalam kasus pencurian kelapa sawit milik PT Daria Dharma Pratama (DDP). Penyelesaian kasus ini...

Gandeng Bank Bengkulu, BPKD Launching Aplikasi e-Retribusi

Kupas News, Bengkulu – Bekerjasama dengan Bank Bengkulu, Badan Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah (BPKD) Provinsi Bengkulu, Selasa, secara resmi melakukan launching Aplikasi e-Retribusi...

Terbaru