Sabtu, Desember 3, 2022

HUT Kota Curup, Rajo Penjenjang Bumei dan Ratu Nyai Penanti Muncul

Baca selanjutnya

pasangan raja dan ratu Rejang Lebong muncul dalam HUT Rejang Lebong
pasangan raja dan ratu Rejang Lebong muncul dalam HUT Rejang Lebong

kupasbengkulu.com – Rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT Kota Curup Rabu (21/5/2014) resmi di buka oleh Bupati Rejang Lebong yang bergelar Rajo Penjenjang Bumei yang dampingi oleh Ratu Nyai Penanti Hj Susilawati SE MM melalui ritual adat Kedurei Agung di lapangan Setia Negara. Kegiatan tersebut disaksikan oleh Ribuan Masyarakat Rejang Lebong yang yang rela berdesak-desakan.

Pantauan kupasbengkulu.com, Selain Rajo Penjenjang Bumei dan Ratu Nyai Penanti, prosesi kedurei agung juga didampingi oleh Wakil Bupati Syafewi S.Pd MM dan istri Ernawati Spd. Turut juga hadir dalam prosesi itu perwakilan kepala daerah dari kabupaten/kota tetangga, Wakil Ketua DPRD RL, Suhardi DS dan anggota DPRD RL, unsur FKPD RL, kepala dinas/instansi dan jajaran Pemkab RL.

Rangkaian Kegiatan Kedurei Agung dalam rangka HUT Kota Curup ini merupakan suatu prosesi adat yang dilaksanakan setiap tahun yang mana pergelarannya diawali dengan pawai adat yang diikuti ribuan peserta dari 15 kecamatan se kabupaten RL, seluruh SKPD jajaran Pemkab RL, sekolah, Perguruan Tinggi dan masyarakat umum.

Raja dan Ratu Rejang Lebong
Raja dan Ratu Rejang Lebong

Setelah prosesi pawai adat, dan pesertanya berkumpul dilapangan, baru selanjutnya sambutan dari Rajo Penjenjang Bumei H Suherman SE MM sekaligus membuka perayaan HUT Kota Curup ke 134. Setelah itu dilakukan penjemputan Bupati H suherman SE MM sebagai rajo penjenjang bumei dan Ratu Nyai Penati Hj Susilawati SE MM dari balai angung ke panggung utama, Untuk berlanjut diadakan ritual belangea agung yang dilakukan oleh tetua adat dan rajo penjenjang bumei didampingi ratu nyai penanti sera Wakil Bupati dan istri, untuk memercikan air sedingin keseluruh arah dan penjuru mata angin, pada pelaksanaan ini dimaksud untuk membuang hal buruk dan menjemput hal baik untuk daerah Rejang Lebong.

Usai prosesi itu kemudian langsung disambung dengan ritual sangsakala yaitu pelepasan dua ekaor burung merpati sebagai penghantar doa dan keinginan, dalam hal ini ritual yang dilaksankan sebagai bentuk harapan terhadap doa agar terkabulkan.

Sebagai penutup prosesi ritual kedurei agung HUT Kota Curup, rajo penjunjang bumei H Suherman SE MM dan Nyai Pati Hj Susilawati SE MM langsung menuju punjung agung untuk mengawali pengambilan hasil bumi dan makanan yang dikumpulkan dari 15 kecamatan RL, setelah rajo pejenjang bumie mengawali pengambilan makanan itu, saat itulah hal-hal yang di tunggu oleh ribuan masyarakat yang telah lama menunggu. Acara puncak tersebut masyarakat berebut dan saring dorong-dorongan untuk mendapatkan makanan yang ada di punjung agung tersebut, kebanyakan masyarakat RL meyakini siapa yang berhasil mendapatkan makanan di punjung agung itu mendapatkan berkah.

Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati RL H Suherman SE MM, mengungkapkan perayaan HUT kota Curup 134 ini tidak hanya sekedar perayaan semata. melainkan untuk pelestarian seni budaya dan adat istiadat yang ada di kabupaten Rejang Lebong.

“Dengan perayaan HUT kota curup ke 134 ini, diharapkan dapat menjadi ajang silaturahmi masyarakat Rejang Lebongb sekaligus ajang pelestarian budaya dan adat istiadat daerah Rejang Lebong,” kata Suherman. (dsr)

JMSI Tetapkan Tiga Pemenang Lomba Video Pendek Wisata Bengkulu

Kupas News, Kota Bengkulu – Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Bengkulu berkerjasama dengan BDF Creator menggelar lomba video pendek dalam rangka menyemarakan HUT Provinsi...

LIRA Bengkulu Surati Komisi I Panggil Manajemen PT. Pamor Ganda

Kupas News, Kota Bengkulu  – PT. Pamor Ganda hingga saat ini belum merealisasikan 6 poin kesepakatan atas pemenuhan tuntutan 3 desa penyangga. Kesepakatan ini...

Dua Pengedar Ganja Asal Kota Bengkulu Diringkus Polisi

Kupas News, Kota Bengkulu – Subdit I ditresnarkoba polda Bengkulu berhasil meringkus dua orang pengedar narkoba jenis ganja dengan barang bukti 10 paket ganja...

Petugas Damkar Berhasil Jinakan Api yang Melahap Tiga Ruko di Tanah Patah

Petugas pemadam kebakaran saat memadamkan api di Tanah Patah Kota Bengkulu, Kamis, 1 Desember 2022, Foto: Dok/Irfan Arief Kupas News, Kota Bengkulu - Peristiwa kebakaran...

Modus Politik Uang Melalui Dompet Digital pada Pemilu 2024

Oleh : Elfahmi Lubis* Ditengah persiapan teknis menyongsong pelaksanaan Pemilu 2024, berbagai potensi kerawanan tengah diidentifikasi. Dengan harapan berbagai bentuk kecurangan pada Pemilu sebelumnya bisa...
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Terbaru