Rabu, Mei 29, 2024

Ini Dia Tips Mengedukasi Masa Libur Si Kecil dengan Biaya Murah

tipsss
Foto ilustrasi

Perempuan, kupasbengkulu.com – Si kecil sedang dalam masa libur sekolah. Sedikit repot rasanya, karena seharian si kecil di rumah dan dia kerap rewel. Anak anak memang tak suka seharian di rumah tanpa aktivitas, karena ia telah terbiasa menghabiskan waktunya di sekolah bersama teman sebaya.

Jangan bingung ya mom, ada tips mengisi waktu libur si kecil dengan biaya murah dan bermanfaat. Seperti dikutip dari theasiaparent.com.

1. Masak bersama
Sekarang ini banyak cooking classuntuk anak-anak yang diadakan restoran atau mall. Apa salahnya bila ibu sendiri yang mengajarkannya di rumah ketika memasak untuk keluarga?.

Ajaklah mereka terlibat dalam menyiapkan makanan, misalnya pekerjaan sederhana seperti memotong-motong sayuran dan menyiapkan bumbu.

Bila anak hobi internet, mintalah mereka mencari resep di internet, lalu masaklah bersama. Tentunya mereka tertarik mewujudkan resep yang dipilihnya sendiri.

2. Berkebun
Halaman rumah dapat menjadi tempat untuk melampiaskan hobi. Ajaklah anak-anak menanam pohon bunga, memotong tangkai yang layu, dan menata batu koral atau kerikil yang menjadi pemanis taman. Buatlah permainan mencari pita di taman.

Ikatkan pita-pita tersembunyi di pohon-pohon, lalu anak yang mengumpulkan pita terbanyak akan mendapat hadiah.

3. Mendekorasi dan merapihkan kamar
Ajaklah anak mendekorasi kamar, misalnya merelokasi letak pigura di dinding, menempelkan berbagai karyanya di dinding, atau membeli stiker dinding yang dapat menghias ruangan.

Kegiatan ini juga merangsang anak supaya mau membersihkan kamar dan tempat tidur sendiri, karena ia merasa terlibat dalam mengatur dekorasinya.

4. Bermain air di Halaman
Anda bisa mengajak si kecil bermain air di halaman sambil mengajari si kecil menyiram tanaman atau mencuci kendaraan.

5.Makan malam di halaman
Bila halaman memadai, sekali-kali buatlah momen menyenangkan bersama keluarga. Gunakan meja kecil untuk makan malam di luar. Misalnya, gunakan meja di ruang tamu. Karena meja tamu biasanya rendah, makannya bisa lesehan dengan menggunakan tikar.

Untuk penerangan, gunakan lilin-lilin. Mintalah anak-anak yang menyiapkan, supaya mereka ada kegiatan sejak sore.

6. Piknik di bawah pohon
Duduk-duduk di bawah pohon sambil memakan bekal makanan tentunya menyenangkan. Jauhkan HP dan gadget lainnya selama bersantai bersama anak-anak, supaya waktu liburan anak benar-benar dimanfaatkan untuk kebersamaan dengan mereka.

7. Kerajinan tangan
Ajaklah anak membuat kerajinan tangan selama liburan. Misalnya, kruistik (menyulam) dan scrap book. Bahan-bahannya mudah didapat di toko buku besar atau toko khusus kerajinan tangan.
Semoga bermanfaat.(qef)

Related

Penyanyi Asal Indonesia Berhasil Luluhkan Empat Juri Americans Got Talent

Kupas News – Kisah seorang penyanyi penyandang disabilitas asal...

Peran Perempuan dalam Memerangi Radikalisme dan Terorisme

Kupas News, Bengkulu - Peran perempuan sangat besar dalam menangkal...

Tas Michael Kors, Brand Eksklusif Paling Diminati Pecinta Fashion

Kupas News – Michael kors merupakan salah satu pelopor...

Retno Pecahkan Rekor Perempuan Pertama Rektor Unib Terpilih

Kupas News - Universitas Negeri Bengkulu (Unib) baru saja...