Beranda DAERAH BENGKULU SELATAN Ini Tips Uji Kelayakan Aspal Hotmix Secara Manual

Ini Tips Uji Kelayakan Aspal Hotmix Secara Manual

0
Yadera Suit
Yadera Suit
Yadera Suit

bengkulu selatan, kupasbengkulu.com – Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bengkulu Selatan, Yadera Suit, yang juga merupakan anggota Komisi C DPRD Bengkulu Selatan saat ini, berbagi tips uji kelayakan aspal hotmix saat pertemuan dengan Kepala Dinas PU Bengkulu Selatan dan beberapa Kabidnya Selasa (23/12/2014).

“Apakah ada pekerja atau dari pihak Dinas PU sendiri yang menggunakan alat untuk menguji layak pakai aspal hotmix itu sebelum digilas,” tanya Yadera.

Kalau tidak ada alat untuk menguji kelayakan pakai aspal tersebut, begini caranya :

“Setelah aspal tersebut dicurahkan ke badan jalan, coba kamu ludahi. Kalau mendidih bearti layak pakai. Tapi kalau tidak mendidih berarti tidak layak, kalau masih juga dipaksakan maka jangan harap kualitas jalan tersebut akan bertahan lama,” beber Yadera.

Ditambahkan Yadera, cara uji manual yang kedua yakni :

“Pegang aspal tersebut dengan telapak tangan selama dua menit, kalau bertahan selama lebih dari dua menit bearti tidak layak pakai. Begitu juga sebaliknya, kalau tidak dapat bertahan selama dua menit berarti aspal curah tersebut layak dan dapat digunakan,” ujarnya.

Menurut dia, kalau orang teknis sendiri tidak paham, apalagi pengawasnya juga buta, wajar semua pekerjaan proyek yang ada di lingkungan Dinas PU ini tidak benar dan amburadul.

“Apalagi untuk jalan Hotmix tanpa uji kelayakan, wajarlah pekerjaan jalan hotmix yang baru saja dikerjakan itu aspalnya sudah berhamburan seperti kotoran kambing,” kesalnya.(tom)