Beranda PENDIDIKAN Internet Pengaruhi Peminjaman Buku di Perpustakaan Unib

Internet Pengaruhi Peminjaman Buku di Perpustakaan Unib

0
Perpustakaan Unib, sumber Eradeskasari
Perpustakaan Unib, sumber Eradeskasari
Perpustakaan Unib, sumber Eradeskasari

kupasbengkulu.com – Dodi Syahdani, Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Umum Perpustakaan Universitas Bengkulu mengungkapkan bahwa ada pengaruh kemudahan akses internet terhadap jumlah peminjam buku di perpustakaan.

“Mahasiswa zaman sekarang semakin mudah informasi dari internet, hampir setiap mahasiswa memiliki gadget seperti laptop, Netbook, tablet, atau semacamnya untuk mengakses informasi yang mereka inginkan. Informasi yang diperoleh terkesan lebih raktis dan cepat. Saya pikir inilah yang menyebabkan semakin menurunnya jumlah peminjam buku di perpustakaan Unib dari tahun ke tahun,” ujarnya.

Dariyono, Koordinator Pelayanan Perpustakaan UNIB juga membenarkan tentang data penurunan jumlah peminjam buku tersebut.

“Dari data sejak tahun 2009 hingga 2013 tampak jelas penurunan jumlah peminjam buku di perpustakaan ini. Kita lihat data kunjungan dari salah satu fakultas, Fakultas Pertanian misalnya, tahun 2009 data peminjam sebanyak 10.073 orang, tahun 2010 sebanyak 11.931 orang, tahun 2011 sebanyak 8.146 orang, tahun 2012 sebanyak 6798, dan tahun 2013 sebanyak 4.743orang,”ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa fakultas-fakultas yang lain pun menunjukkan fenomena yang hampir sama, yaitu penurunan jumlah peminjam dari tahun ke tahun. (cr2)