Sabtu, April 13, 2024

Jelang HPN Gepeng Ditertibkan

pengemis
Tampak pengemis yang sedang beraktifitas di salah satu pasar di Kota Bengkulu, Jumat (24/01/2014).

kupasbengkulu.com – Hari Pers Nasional (HPN) di Bengkulu akan dilangsungkan 6 hari lagi. Menyambut hal tersebut Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bengkulu melakukan penertiban gelandangan dan pengemis (Gepeng). Kepala Dinsos Kota Bengkulu, Drs. H. Sudarto Widyoseputo, M.Si, mengungkapkan berdasarkan pengamatan, gepeng tersebut adalah wajah baru. Diduga mereka sengaja didatangkan dari luar kota.

Penertiban gepeng ini, kata dia, akan dilakukan secara rutin yang melibatkan Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Satpol PP Kota.

“Kalau saya perhatikan gepeng itu adalah wajah-wajah baru yang biasa beroperasi di luar kota seperti Jakarta, Bogor, Jambi dan Lahat. Upaya yang kami lakukan adalah upaya pendekatan, kegiatan rutin itu bersama Tagana,” terang Sudarto.

“Seandainya instruksi tersebut tetap diabaikan, maka kami akan lakukan penertiban. Apalagi sebentar lagi kan HPN,” tambahnya.

Menurut Sudarto, lokasi yang akan menjadi target operasi salah satunya di Simpang 5 Ratu Samban dan Simpang 4 Lampu Merah Padang Harapan. Ia mengatakan di Simpang 4 Padang Harapan, setidaknya ada 6 gepeng yang biasa beroperasi. Penertiban tidak hanya dilakukan di persimpangan jalan, tetapi juga di pusat keramaian seperti pasar dan mall.

Selain menciptakan kenyamanan bagi pengguna jalan, penertiban juga dimaksudkan untuk memperindah wajah kota. Nantinya, gepeng yang terjaring akan dibina di panti sosial untuk mendapatkan keterampilan.(beb)

Related

Bupati Seluma Hadiri Open House Gubernur Bengkulu di Desa Gelumbang

Bupati Seluma Hadiri Open House Gubernur Bengkulu di Desa...

Gratis Biaya Masuk, Pantai Cemoru Sewu di Seluma Diserbu Pengunjung

Gratis Biaya Masuk, Pantai Cemoru Sewu di Seluma Diserbu...

Tagana Kota Bengkulu Siap Tangani Bencana 24 Jam

Tagana Kota Bengkulu Siap Tangani Bencana 24 Jam ...

Dewan Novri Imbau Warga Taati Aturan Selama Libur Lebaran

Dewan Novri Imbau Warga Taati Aturan Selama Libur Lebaran ...

Tradisi Sekujang di Kabupaten Seluma Dilestarikan Kembali Pasca Pandemi

Tradisi Sekujang di Kabupaten Seluma Dilestarikan Kembali Pasca Pandemi ...