Selasa, Mei 17, 2022

Jelang Lebaran, BI Siapkan Uang Pecahan Kecil Rp 60 Miliar

Baca selanjutnya

Uang kecil untuk lebaran

kupasbengkulu.com – Tingginya pemintaan masyarakat terhadap uang pecahan kecil menjelang lebaran, mengakibatkan panjangnya antrean di konter penukaran Bank Indonesia Cabang Bengkulu maupun di bank-bank lain.

Deputi Kepala Bank Indonesia Perwakilan Bengkulu, Azhar Achlusyani, menjelaskan pihaknya menyiapkan uang khusus untuk kebutuhan Idul Fitri 1435 Hijriah sebanyak Rp 900 miliar. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya berkisar Rp 700 miliar.

Menurutnya kebutuhan akan uang jelang lebaran terbanyak adalah uang pecahan kecil. Uang pecahan kecil yang dimaksud meliputi pecahan Rp 20 ribu, Rp 10 ribu, Rp 5.000 dan Rp 2.000. Saat ini Bank Indonesia Cabang Bengkulu telah membuka pelayanan penukaran uang yang terbuka untuk umum sejak 14 Juli lalu.

“Khusus untuk penukaran uang kecil kami siapkan sekitar Rp 60 miliar. Itu penukarannya sudah dibuka sejak lama pada hari Selasa dan Kamis, tapi terhitung tanggal 21 Juli kemarin kami buka pelayanan penukaran sejak Senin sampai Kamis,” terang Azhar, Selasa (22/7/2014).

“Selain di kantor Bank Indonesia, penukaran juga dapat dilakukan loket 19 bank lain yang memasang spanduk penukaran uang,” tambahnya.

Dengan dibukanya pelayanan penukaran uang tersebut sangat membantu masyarakat yang membutuhkan uang pecahan. Namun, Bank Indonesia mengimbau kepada semua bank untuk membatasi besaran jumlah penukaran uang terhadap nasabah, sehingga penukaran dapat dilakukan secara merata.

Azhar juga menjelaskan mengenai peningkatan peredaran uang palsu jelang lebaran. Menurutnya, pada tahun 2013 peredaran uang palsu di Bengkulu meningkat dibandingkan dengan kejadian yang sama pada tahun 2012. Pada 2013, uang palsu untuk nominal Rp 100 ribu sebanyak 118 lembar, nominal Rp 50 ribu sebanyak 35 lembar.

Sementara pada tahun 2012 hanya 17 lembar uang palsu untuk pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu. Ia menekankan agar masyarakat proaktif untuk melaporkan temuan uang palsu itu kepada BI Perwakilan Bengkulu dan pihak berwajib.(beb)

Masuk Masjid Bayar Rp5 Ribu, Mantan Bupati Pessel: Ini Memalukan

Kupas News, Pesisir Selatan - Memalukan. Itulah kata menohok yang keluar dari bibir mantan Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, setelah menanggapi unggahan video salah satu...

Wanita Penyuka Sesama Jenis Cabuli Temannya Sendiri

Kupas News, Bengkulu Utara - Unit Opsnal Sat Reskrim Polres Bengkulu Utara mengamankan 1 orang warga Bengkulu Utara terduga pelaku tindak pidana pencabulan terhadap...

Tahun Depan RSUD M. Yunus Sediakan Program Kesehatan Jantung

Kupas News, Bengkulu - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu melalui RSUD M Yunus Bengkulu berkomitmen, di tahun 2024 siap melayani pasien penyakit jantung (kardiovaskular) secara...

Pembangunan Gedung Utama Polda Bengkulu Dilanjutkan

Kupas News, Bengkulu - Polda Bengkulu menggelar tasyakuran doa bersama pengembangan gedung utama Mapolda Bengkulu, Jumat (13/05). Kegiatan dipimpin langsung oleh Kapolda Bengkulu Irjen...

Mulai Besok Sistem akan Potong Gaji ASN yang Bercerai

Kupas News, Bengkulu - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah bersama Ketua Pengadilan Agama Bengkulu dan Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Pertukaran data...

Terbaru