Beranda DAERAH BENGKULU Keluarga Eks Walikota Bengkulu Apresiasi Penamaan Simpang Para Pendahulu

Keluarga Eks Walikota Bengkulu Apresiasi Penamaan Simpang Para Pendahulu

0
Keluarga Eks Walikota Bengkulu Apresiasi Penamaan Simpang Para Pendahulu
Hj. Nila Kartini, Istri mantan walikota Bengkulu Chairul Amri Zakaria, Foto: Dok/Mckb

Kupas News, Kota Bengkulu – Kebijakan Pemkot mengubah sejumlah nama persimpangan di Kota Bengkulu mendapat respon positif dari dua pihak keluarga eks Walikota Bengkulu. Mantan Walikota yang namanya menjadi persimpangan itu adalah Bundaran Chairul Amri Zakaria dan Bundaran A. Chalik Effendi.

Bundaran Chairul Amri Zakaria diketahui sebelumnya adalah simpang Sekip, sementara Bundaran A. Chalik Effendi sebelumnya simpang DPRD Provinsi Bengkulu. Kedua nama ini merupakan tokoh yang pernah menjabat sebagai walikota Bengkulu era tahun 90-an hingga 2000-an.

“Kami dari pihak keluarga merasa terharu, bangga dan tersentuh, karena selama ini tidak terpikirkan oleh kami kalau pemerintah bakal memberikan penghargaan hingga dibuatkan nama persimpangan,” kata Nila Kartini yang merupakan Istri dari mantan walikota Chairul Amri Zakaria, Jumat, (9/6) di Kota Bengkulu.

Jelang walikota Helmi Hasan dan wakil walikota mengakhiri masa jabatannya, Nila berharap estafet kepemimpinan walikota kedepannya dipimpin oleh orang-orang yang memiliki integritas sama dengan walikota saat ini.

“Pak Helmi itu kan orangnya enerjik, masih muda dan betul-betul ingin membangun kota Bengkulu, maka saya berharap kedepannya kota bengkulu dipimpin oleh orang-orang yang lebih semangat untuk menatap kedepan,” tuturnya.

Di tempat terpisah melalui tangkapan layar zoom antara Kepala Dinas Kominfosan Kota Bengkulu Gitagama bersama M.Iqbal Putra terkait penamaan bundaran A. Chalik Effendi, Iqbal mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih atas ide yang telah digagas pemerintah Kota Bengkulu khususnya Walikota Helmi Hasan.

Menurutnya perubahan nama pada sejumlah simpang di Kota Bengkulu ini adalah bentuk penghargaan pemerintah mengenang jasa-jasa para pendahulu. Tak hanya Chalik Effendi saja, kata Iqbal pada simpang lain juga terdapat nama pendahulu yang berasal dari orang-orang yang berjasa membesarkan kota Bengkulu.

“Saya mewakili keluarga almarhum Chalik Effendi mengucapkan rasa syukur dan berterima kasih kepada pemerintah kota Bengkulu. Melalui perencanaan nama simpang ini, semoga dapat berjalan lancar dan apa yang sudah dicanangkan walikota Helmi Hasan semoga sesuai dengan harapannya,” singkat Iqbal.

Berikut 14 daftar lengkap nama-nama persimpangan jalan yang diubah Pemkot Bengkulu:

  1. Simpang Polda menjadi Bundaran Hasan Basri
  2. Simpang Nakau menjadi Bundaran Ahmad Kanedi
  3. Simpang Panorama menjadi Bundaran Hamzah Sa’ari
  4. Simpang 5 Ratu Samban menjadi Bundaran Fatmawati
  5. Simpang Bank Indonesia menjadi Bundaran Fadhilah
  6. Simpang Jam menjadi Bundaran K.Z Abidin
  7. Simpang Skip  menjadi Bundaran Chairul Amri
  8. Simpang 4 Pantai menjadi Bundaran Syafiudin A.R
  9. Simpang DPRD Provinsi Bengkulu menjadi Bundaran Chalik Effendi
  10. Simpang Harapan menjadi Bundaran Achmad Rusli
  11. Simpang Kampung Bali menjadi Bundaran M. Salim Karim
  12. Simpang Sukamerindu menjadi Bundaran M. Zen Rani
  13. Simpang SLB menjadi Bundaran Tabri Hamzah
  14. Simpang Pagar Dewa menjadi Bundaran Sulaiman Effendi

Editor: Alfridho Ade Permana