oleh

Ketika Makkah Menjadi Las Vegas: Agama, Politik dan Ideologi

-RESENSI-26 views

Ketika Makkah Menjadi Las Vegas: Agama, Politik dan Ideologi

“Ketika agama menjadi empty shell, kekosongannya akan segera diisi oleh hal-hal yang bersifat keduniawian dalam segala bentuknya. Agama dengan simbol-simbol tradisionalnya akan berubah menjadi sekadar formula sukses dan Tuhan cuma di perlakukan sebagai, dalam bahasa fromm, a partner in business,

Demikian, ketika kekuatan kapitalis mendistorsi konsep agama, agama terancam tinggal menjadi semacam tubuh yang kehilangan kepala dan jantung hatinya, tinggal menjadi wujud tanpa signifikansi. Agama terkooptasi; kekuatannya justru merongrong misi sucinya, bahkan boleh jadi malah menjadi pelindung agen para pendosa. Agama menjadi apa yang oleh leo yang agung dsebut sebagai a respectable cloac for sin, jubah mulia bagi berbagai dosa , kehilangan moralitas, kehilangan yang, suci, baik, dan, adil. Lalu, yang tertinggal hanyalah serangkaian kepercayaan, ritualisme kosong makna, atau paling banter semacem etiket. Ketaatan terhadapnya malah menjadi ironi bagi misi sucinya.

Ketika Makkah Menjadi Seperti Las Vegas adalah suara keprihatinan yang mengajak kita untuk menegakkan agama sebagai rahmat bagi semesta.”

Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
Penulis : Mirza Tirta kusuma
harga : Rp 120,000,-

(Gramedia)

Rekomendasi