Ketika Sampah Menjadi Sebuah Karya

Baca selanjutnya

Peringatan Hari Bumi tahun 2014 Mapetala Unib menggelar pameran daur ulang sampah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap manfaat sampah.
Peringatan Hari Bumi tahun 2014 Mapetala Unib menggelar pameran daur ulang sampah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap manfaat sampah.

kupasbengkulu.com – Dalam rangkaian peringatan Hari Bumi, Mahasiswa Pecinta Alam (Mapetala) Univeritas Bengkulu (Unib) menggelar Pameran Daur Ulang.

Ketua Panitia Peringatan Hari Bumi tahun 2014 Mapetala Unib, Syafrizal mengatakan, pelaksanaan pameran daur ulang sampah tersebut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap manfaat sampah. Sehingga sampah tidak hanya berakhir di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), namun dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar karya yang berguna.

Kreasi pengelolaan sampah tersebut juga dapat dijual, hingga membantu perekonomian.

Dikatakan Syafrizal, banyaknya sampah yang terbuang dan menumpuk menjadi keprihatinan. Sehingga pihaknya mengkreasikan sampah tersebut untuk mengurangi efek pada ligkungan.

“Pameran ini pesertanya sedikit, hanya diikuti 6 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan pelajar. Kami memberikan waktu 3 hari pada peserta untukn menciptakan kreasi berdasarkan ide pribadi,” kata Syafrizal.

Hasil karya peserta berupa hiasan dinding dari kardus dan kertas koran yang dijalin hingga menyerupai tokoh kartun Doraemon, vas bunga, wadah tissu bahkan sandal dari kertas koran. Ada juga bros, tas, lampu dari mangkok mie instan, miniatur perumahan, serta tempat penyimpanan ijazah atau piagam penghargaan yang terbuat dari tempat bola kasti. Karya-karya itu dipamerkan di halaman Gedung Bersama I Unib untuk kemudian dinilai.

Syafrizal menjelaskan kategori yang dinilai meliputi seni atau estetika, manfaat, efesiensi dana dan kesulitan pembuatan. Dari keenam peserta, 3 diantaranya berhasil mencuri perhatian juri, yakni Kreasi Produk Cantik Kardus dan Koran Bekas buatan Oktaria Larasandi, Tabung Alat Tulis dan Lukis kreasi mahasiswa yang tergabung dalam Muslim Generation Club, serta Miniatur Alam Tempo Dulu dan Sekarang kreasi mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok Pecinta Alam dan Lingkungan Green Land. (beb)

- Advertisement -

Pemprov Bengkulu Dorong Penerapan Teknologi Digital Hasil Perkebunan

Kupas News – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu terus berupaya menekan laju inflasi terkhusus pada masa Pandemi COVID-19. Di antaranya melalui penggunaan teknologi digital baik...

Ini 8 Tips Berhubungan Seksual Saat Anak Sedang Tertidur

Kupas News – Ada beberapa orangtua yang beruntung anaknya sudah bisa tidur sendiri dikamarnya. Tapi ada juga beberapa yang lainnya terpaksa masih harus tidur...

Pekerja Bongkar Tenda Tewas Usai Tersengat Listrik

Kupas News – Utamakan keselamatan dalam bekerja bukan hanya slogan semata. Hal ini sangat penting guna mengantisipasi dan meminimalisir bahaya dari tingkat resiko yang...

BEI Lakukan Pemutakhiran Mekanisme Dagang dengan 4 Fitur

Kupas News – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) selaku penyelenggara perdagangan saham di pasar modal Indonesia selalu mengedepankan perdagangan Efek yang teratur, wajar dan...

Pemprov Bengkulu Gelar Job Fair Career Expo 2021 di Bencoolen Mall

Kupas News – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) bersama beberapa perusahaan gelar Job Fair Career Expo 2021 di...

Terbaru