Minggu, November 27, 2022

Ketua Komisi II DPRD Pimpin Prosesi Pengambilan Air DDTS untuk IKN

Baca selanjutnya

Kupas News, Bengkulu – Ketua Komisi II DPRD Kota Bengkulu mewakili Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu prosesi pengambilan Air di Danau Dendam Tak Sudah (DDTS) untuk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Jumat (11/03).

Prosesi yang berlangsung, Nuzuludin mendampingi saat mendampingi Ketua Badan Musyawarah Adat (BMA) Provinsi Bengkulu mengatakan bahwa pengambilan air ini untuk kemudian dikirim ke IKN yang baru.

“Kita mengambil air atas permintaan Pemerintah Pusat untuk dikirim ke tanah borneo, dan saya mewakili Pemerintah Kota Bengkulu serta tokoh adat mendukung dengan terwujudnya Ibu Kota Negara yang baru,” ungkap Nuzuludin.

Dilansir sebelumnya Provinsi Bengkulu salah satu provinsi ambil bagian dari mendukung atas pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang baru di Kalimantan Timur (Kaltim).

Hal tersebut dengan telah berlangsung prosesi adat pengambilan mata air dari Danau Dendam Tak Sudah (DDTS), atas permintaan Pemerintah Pusat dalam mendukung pemindahan IKN yang baru.

Sebelumnya disampaikan Ketua Badan Musyawarah Adat (BMA) Provinsi Bengkulu Drs. H. S. Effendi, MS, saat proses pengambilan mata air di DDTS, proses adat ini permintaan dari Pemerintah Pusat.

“Pengambilan mata air ini merupakan sebuah permintaan dari Pemerintah Pusat (Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, red), dan mata air ini nanti akan di kirim langsung ke Kaltim,” ungkap Effendi.

Makna proses pengambilan mata air di DDTS ini, menurut kaca mata adat istiadat, kebiasaan masyarakat di negeri melayu khususnya termasuk Provinsi Bengkulu dan Kalimantan memiliki emosional sama-sama keturunan anak dalam.

“Dari kacamata adat istiadat dari kebiasaan masyarakat negeri melayu, Provinsi Bengkulu dan Kalimantan memiliki emosional lengket, kedekatan sama-sama keturunan dari anak dalam maka kami akan kirim ini sesuai permintaan dari pemerintah pusat,” jelasnya.

Effendi yang juga merupakan Ketua Stikes Tri Mandiri Sakti (TMS) menyebutkan proses adat ini merupakan bagai mana wujud kita Masyarakat Provinsi Bengkulu dalam keikutsertaan dalam menyetujui menyambut IKN yang baru.

“Ini wujud keikutsertaan Provinsi Bengkulu, bagaimana menyetujui, bergembira ria menyambut IKN Indonesia yang disebut Pak Jokowi Nusantara itu, akan menjadi kenyataan,” katanya.

Terlepas dari itu, lanjutnya, pengambilan air ini makna yang cukup memiliki nilai-nilai dan yang terpenting didalam hidup ini seperti kita (manusia, red) perlu keseimbangan sebagai makhluk sosial di alam.

“Apa yang kita lakukan ini adalah keseimbangan dan kita ditempat yang barupu sebagai makhluk sosial di alam ini, siapun nampak atau tidak nampak harus kita temui, maka itulah makna dari pengiriman air ini yang diminta oleh pemerintah pusat untuk tanah borneo,” terangnya.

Diketahui IKN Nusantara memiliki visi ‘Smart, Green, Beautiful, dan Sustainable’ yang bisa diterjemahkan melalui pengembangan kota yang berdampingan dengan alam melalui konsep forest city serta smart and intelligent city. (Adv)

Masa Sidang Ke III Legislator Marlesi Jemput Aspirasi Konstituen Dapil II

Kupas News, Bengkulu – Memasuki akhir tahun 2022, seluruh anggota dewan provinsi Bengkulu menjalani masa reses. Dimana menyerap aspirasi dan menindaklanjuti aspirasi merupakan perwujudan...

Pembukaan KBN 2022 di Bengkulu Ditandai Peluncuran Logo dan Maskot

Kupas News, Kota Bengkulu – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah bersama Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) 07 membuka secara resmi kegiatan Kemah Bela Negara Nasional (KBN)...

Polda Bengkulu Gelar Shalat Ghaib untuk Korban Gempa Cianjur

Kupas News, Kota Bengkulu – Ungkapkan rasa turut berduka cita atas musibah gempa yang menimpa daerah Cianjur Jawa Barat, Personil Polda Bengkulu , Jum’at...

Polisi Tangkap Dua Pelaku Curas yang Beraksi di STQ Bengkulu

Kupas News, Kota Bengkulu – Polsek Selebar berhasil menangkap dua dari tiga pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan (curas) yang terjadi pada Senin 21...

Lelang Eselon II, 22 Pendaftar Masuk Tahap Seleksi Administrasi

Kupas News, Kota Bengkulu – Proses lelang jabatan pejabat eselon II Pemkot Bengkulu telah memasuki tahapan seleksi administrasi berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan. Saat ini...
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Terbaru