Komisi I Soroti Perhitungan Kompetensi Penempatan Pejabat Eselon

0
27
Kantor DPRD Kabupaten Mukomuko, Foto: Dok
Kantor DPRD Kabupaten Mukomuko, Foto: Dok

Kupas News, Mukomuko – Ketua Komisi I DPRD Mukomuko, Armansyah menyoroti penempatan pejabat yang dilakukan Bupati Sapuan dan Wakil Bupati Wasri bersamaan dengan pelantikan Sekda Mukomuko.

Menurut Armansyah penempatan mutasi, rotasi, promosi dan demosi di lingkungan pemerintah Mukomuko belum sepenuhnya tepat. Secara kompetensi, Armansyah menilai belum sepenuhnya terlihat.

‘’Janji menempatkan pejabat sesuai dengan komptensinya yang disampaikan dalam kampanye dulu belum terlihat realisasi keseluruhan. Padahal penempatan mutasi ini sudah dilakukan berulang kali,’’ kata Armansyah, Selasa (13/9).

Mutasi yang dilakukan era Sapuan-Wasri, kata Armansyah tidak jauh berbeda dengan pemerintahan sebelumnya. Bahkan ini terjadi di semua tingkatan, mulai dari eselon IV hingga eselon II yang terkesan dipaksakan penempatannya.

“Justru yang ada malah sering terjadi bongkar pasang posisi pejabat akibat kurang persiapan dan perhitungan yang matang. Pada mutasi sebelumnya pejabat dipindahkan bahkan di nonjob, kemudian mutasi berikutnya diangkat lagi dengan posisi yang sama,” katanya.

‘’Jika pembenahan mutasi pertama dan kedua keliru mungkin masih wajar, tapi ini sudah berulang kali mutasi masih saja tidak pas. Jadi ini terkesan mutasi tanpa pertimbangan dan kajian lebih dulu,” sambungnya.

Di sisi lain, Armansyah mengharapkan Sekda definitif untuk lebih fokus memperhatikan kinerja dan disiplin ASN, terutama para pejabat dibawahnya. Sebab ini menjadi tugas yang diandalkan Bupati untuk menyelaraskan visi misi Bupati dan wakil Bupati.

‘’Sekda yang baru ini, kami minta lebih fokus memperhatikan kinerja pejabat dibawahnya,’’ demikian Armansyah. (Adv-And)