Selasa, Agustus 16, 2022

Launching Aplikasi e-LPPD Tingkatkan Data Penyelenggaraan Pemerintah

Baca selanjutnya

Kupas News, Bengkulu – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah launching aplikasi e-LPPD (Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah) Provinsi Bengkulu, di bawah koordinasi pembinaan dan pengawasan langsung dari Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri di Hotel Mercure Bengkulu, Jumat (5/8).

Dijelaskan Gubernur Rohidin bahwa aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah serta meningkatkan efektivitas juga efisiensi terkait dengan data – data penyelenggaraan pemerintahan daerah, termasuk hasil audit. Aplikasi ini juga akan diberlakukan ke semua Kabupaten/Kota se Provinsi Bengkulu.

“Ini harus segera kita lakukan, nanti berlaku di semua Kabupaten/Kota di bawah koordinasi Biro Tapem Kesra Provinsi Bengkulu,” jelas Gubernur Rohidin.

Selain launching e-LPPD Provinsi Bengkulu, pada kegiatan ini juga dilaksanakan Rapat Koordinasi Perangkat Gubernur Sebagai Wakil Pemerintah Pusat di Provinsi dengan narasumber di antaranya Direktur Produk Hukum Daerah Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Otda Kemendagri) Makmur Marbun.

Penguatan Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah bertujuan guna memperpendek dan mempermudah kendali sehingga koordinasi hirarki pemerintah secara bertingkat dapat dilakukan.

Menurut Gubernur Rohidin, pemerintah pusat harus membuat sebuah pakem pengelolaan pemerintah yang baku bahwa secara hirarki itu komunikasi dibangun dari atas ke bawah sama.

“Terpusat melalui gubernur lalu ke bupati/walikota, dari bawah juga begitu dari bupati/walikota ke gubernur lalu ke pemerintah pusat, kalau dua sisi ini betul – betul kita jaga dengan baik pasti akan saling bersinergi,” jelas Gubernur Rohidin.

Direktur Produk Hukum Daerah Ditjen Otda Kemendagri Makmur Marbun yang hadir sebagai pemateri menuturkan bahwa peran Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat sangat penting dalam mendukung kebijakan pemerintah dan pemulihan ekonomi.

Dalam ranah pemerintah daerah pembinaan, pengawasan sangat penting dilakukan agar kebijakan pemerintahan dapat berpihak kepada daerah dan masyarakat. Dengan melakukan pembangunan daerah dan memberikan pelayanan umum kepada masyarakat.

“Kewenangan Gubernur itu full, melantik saja harus Gubernur, harapan kami penguatan fungsi Gubernur ini semakin bisa dilaksanakan dan kita jaga bersama,” minta Makmur Marbun.

Harga Sawit Merangkak Naik, Cangkang Sawit Jadi Nilai Tambah

Kupas News, Bengkulu – Harga Tandan Buah Segar (TBS) di Provinsi Bengkulu ditetapkan terendah Rp1.511 dan Harga Tertinggi Rp2.020 per Kg dengan toleransi harga...

Keluarga Korban Sodomi Polisikan Oknum Pensiunan ASN

Kupas News, Rejang Lebong – Unit Reskrim Polsek Bermani Ulu Polres Rejang Lebong menangkap seorang oknum pensiunan Aparatur Sipil Negera (ASN) di Kabupaten Rejang...

Kanwil Kemenkumham Bengkulu Sosialisasikan Kekayaan Intelektual Manusia

Kupas News, Bengkulu – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham) Provinsi Bengkulu Erfan mengatakan, kekayaan intelektual adalah hak yang...

54 Paskibraka Bengkulu Siap Kibarkan Merah Putih 17 Agustus Besok

Kupas News, Bengkulu – Setelah melalui seleksi dan pemusatan latihan, sebanyak 54 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Bengkulu Tahun 2022 dikukuhkan Gubernur Rohidin...

Garda Rafflesia Minta APH Usut Proses Lelang Puskesmas Pondok Suguh

Kupas News, Bengkulu – Proses lelang Renovasi-Penambahan Ruang Persalinan Puskesmas Pondok Suguh Tahun 2022 di Dinas Kesehatan Mukomuko turut menjadi perhatian aktivis lembaga swadaya...

Terbaru