Beranda DAERAH BENGKULU SELATAN Lomba Cerita Anak Minim Peminat

Lomba Cerita Anak Minim Peminat

0
Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Sri Gusti  Sabana
Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Sri Gusti Sabana

Bengkulu Selatan, kupasbengkulu.com – Kurangnya minat baca di Kabupaten Bengkulu Selatan. Hal ini terlihat dari dari 138 SD/MI yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan, hanya 30 peserta yang baru mendaftarkan diri dalam lomba cerita anak yang digelar Perpustakaan Daerah (Perpusda) Bengkulu Selatan Senin pekan depan yakni, tanggal 27 April 2015. Hal ini dikatakan, Kepala Perpusda Bengkulu Selatan, Sri Gusti Sabana, kepada kupasbengkulu.com Jum’at (24/4/2015).

”Anak–anak yang mendaftar untuk lomba cerita anak ini di dominasi oleh anak – anak petani dari sekolah yang berada dipelosok–pelosok,” kata Sri Gusti, yang biasa dipanggil Bungsu Gadis ini.

Dicontohkan Sri, seperti SD 1 Kota Manna sampai sekarang ini sudah mau tutup pendaftaran belum ada satupun anak muridnya yang mendaftarkan diri, sementara sekolah ini berada di dalam kota.

”Mengingat pesertanya sangat minim, waktu pendaftaran kami perpanjang sampai hari minggu. Walaupun libur kami tetap buka penaftaran hingga hari minggu, (26/4/2015),” ujarnya.

Sri Gusti menambahkan, Lomba cerita anak ini dalam rangka meningkatkan minat baca di kalangan anak – anak, sesuai dengan program pemerintah saat ini.

”Ada 3 cerita yang akan dilombakan dan sudah kami siapkan. Ceritanya bernuansa daerah, yakni cerita Sang Piatu, Putri Gading Cempaka dan cerita Batu Ampar Gading,” ungkap Sri Gusti.

Pemenang dalam lomba baca ini nanti akan mendapat piala dari Bupati dan uang pembinaan pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Selatan, demikian Sri Gusti.(tom)