Mari Mengenal Sejarah Hewan Berkemampuan Navigasi ini

Merpati Pos

intrik, kupasbengkulu.com- Siapa tak kenal merpati pos, hewan cerdik yang memiliki kemampuan navigasi sangat baik ini telah digunakan jasanya diberbagai belahan dunia sejak lebih dari 800 tahun lalu. Kupasbengkulu.com akan berbagi informasi mengenai sepak terjang merpati pos pada berbagai kegiatan penting sejak 8 abad yang lalu. Seperti dikutip dari wikipedia.com.

  • Merpati pos pertama kali digunakan oleh seorang Sultan Baghdad yang bernama Nuruddin pada tahun 1146 untuk mengirimkan pesan di sekitar kerajaannya.
  • Pada masa 1250 sampai 1517 M, Dinasti Mamluk di Mesir menggunakan pos sebagai alat pertahanan dalam perang terhadap bangsa Mongol. Insinyur Mamluk mendirikan menara pengawas sepanjang Irak hingga Mesir. Di menara tersebut, tentara mengawasi keadaan. Mereka akan membakar kayu basah jika terjadi bahaya di siang hari karena akan menimbulkan asap hitam, sedangkan jika terjadi bahaya pada malam hari akan membakar kayu kering agar menimbulkan asap putih. Namun, bangsa Mongol tetap dapat menembus pertahanan Baghdad. Pengiriman pesan lewat jalar darat pun terhalang oleh pasukan Tentara Salib yang memblokir jalan. Sehingga digunakan merpati pos yang lebih efektif karena pasukan Tentara Salib tidak dapat memblokir jalannya merpati pos di udara. Merpati pos ala Dinasti Mamluk ini menjadi sistem komunikasi yang tercepat pada abad pertengahan.
  • Pada tahun 1851, pria kelahiran Jerman (Paul Julius Reuter) membuka kantor di Kota London yang menghubungkan pasar saham London dan Paris melalui Calais baru ke kabel. Reuter sebelumnya pernah menggunakan merpati untuk memberitahukan kenaikan harga saham antara Aachen dan Brussels, jasa yang dioperasikan selama satu tahun sampai perbedaan dengan telegram tertutupi.
  • Detail dari dipekerjakannya merpati-merpati itu, selama pengepungan di Paris pada tahun 1870-1871 menjadi menggiring pada kebangkitan pelatihan merpati untuk tujuan militer.
  • Perkembangan Referensi
  • Pada masa perang dunia pertama (1914-1918), merpati pos digunakan oleh pasukan perang Amerika sebagai media komunikasi.
  • Pada tahun 1942 merpati bernama Winkie NEHU 40. NS.1 (nfa6382) berjasa dalam penyelamatan seorang awak pasukan udara , sehingga pada tanggal 2 Desember 1943 burung tersebut mendapatkan penghargaan karena jasanya. Mengirimkan berita di saat kondisi sedang sulit.
  • Seekor burung merpati jantan berwarna abu-abu yang bernama 139 DD 43 T pada tahun 1945 terbang melebihi seribu mil dalam 23 misi untuk menyampaikan selembar kertas berisi pesan penting. Burung merpati ini juga telah terbang sejauh 64 kilometer dalam waktu 50 menit dan berhasil menolong sekumpulan tentara perang yang sedang terjebak di tengah lautan karena kerusakan mesin kapal.
  • Burung merpati betina yang bernama GI Joe USA43SC6390 sangat berjasa pada perang dunia kedua karena dapat menyelamatkan sekitar 100 nyawa tentara Amerika, sehingga mendapat penghargaan pada tahun 1946. Merpati tersebut terbang dengan cepat sejauh 20 mil dan membawa informasi tentang markas besar pasukan tentara Amerika akan diledakkan. Sebelum adanya telegram, cara berkomunikasi dengan menggunakan merpati ini sangat diandalkan bagi orang-orang pengguna saham dan orang keuangan.
  • Perusahaan Belanda mendirikan sistem sipil dan militer di Jawa dan Sumatera sejak di awal abad ke-19, burung-burung diperoleh dari Baghdad.
  • Pada abad ke 21 masih ada yang menggunakan jasa merpati pos, meskipun sudah tak banyak. Termasuk di Indonesia, rata-rata merpati pos adalah hasil perkawinan silang antara ras Yansson dan Delbar dari Belgia dengan ras unggulan lainnya. Saat ini banyak pula yang memeliharanya karena hobi. Ya sepertinya fungsi mereka sebagai pengantar surat terkalahkan oleh teknologi, tapi merpati pos tetap dicintai.(qef)
Artikulli paraprakRiedl Berkeyakinan Timnas Indonesia Bisa Atasi Filipina
Artikulli tjetërBNN Mulai Mewaspadai Jalur Pengiriman Narkoba Lewat Laut