Minggu, Juni 26, 2022

Materi Pacaran Sehat Masuk Kurikulum 2013

Baca selanjutnya

Materi pacaran sehat

kupasbengkulu.com – Meski buku Kurikulum 2013 (K13) untuk tingkat SMA belum juga diterima, namun buku mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (Penjaskes) kelas XI sudah menimbulkan polemik di masyarakat.

Hal ini dikarenakan dalam buku tersebut memuat materi tentang Pacaran Sehat, sehingga pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu belum akan membagikan buku tersebut kepada para siswa apabila nantinya buku tersebut diterima dari penyedia.

“Sampai sekarang kita memang belum melihat buku itu, karena bukunya belum sampai. Tapi informasi itu sudah kami dengar. Jadi kita akan lihat dulu apakah untuk Provinsi Bengkulu juga memuat submateri serupa. Kalau memang iya, buku itu belum akan dibagikan,” ujar Kapala Bidang Pendidikan Menengah (Kabid Dikmen), Ismiliyanto, Senin (13/10/2014).

Informasi yang beredar, di dalam Bab X buku tersebut memuat tema “Memahami Dampak Seks Bebas”. Disebutkan gaya pacaran sehat terdiri dari beberapa macam unsur, yakni sehat fisik, sehat emosional, sehat sosial, dan sehat seksual.

Lebih lanjut dalam halaman 129 terdapat gambar karikatur yang dinilai tidak memiliki korelasi dengan tema tersebut, yang mana memuat gambar pasangan remaja yang menggunakan jilbab dan peci.

“Ada kemungkinan buku berbeda karena penyedianya berbeda. Materinya memang sama, tapi submateri bisa jadi berbeda. Namun kita tetap antisipasi. Mungkin tujuannya memang bagus, namun dampak sosialnya yang sepertinya akan kurang baik,” kata Ismiliyanto.

Pihaknya akan melakukan koordinasi terlebih dahulu kepada seluruh perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan masing-masing kabupaten/ kota. Apabila ternyata lebih banyak mudaratnya dari pada manfaatnya, hal ini akan disampaikan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI,serta meminta pihak penyedia untuk mengganti.

“Seks education memang baik, masalah kajian pembuatan buku ini kan juga sudah ada tim khusus yang tentunya melakukan analisa dan sesuai standar. Seharusnya ini tidak menjadi masalah. Namun dengan kondisi sosial masyarakat kita, tentu ini akan kita sikapi, apalagi ini berpotensi menimbulkan komplain,” demikian Ismiliyanto.(val)

Polairud Gelar Lomba Tenis Meja Sambut HUT Bhayangkara

Kupas News, Kota Bengkulu - Semarak menyambut HUT Bhayangkara ke-76 terus digelorakan jajaran Polda Bengkulu dengan menggelar berbagai kegiatan. Sabtu, 25 Juni 2022, giliran...

Selamat Datang Airlangga

Kupas Artikel - Ucok mengangkat telepon dengan nada tergesa-gesa. Ia mungkin sangat terkejut tumben-tumben saya menelpon. “Siap bos” tutur Ucok menyambut telepon saya. Beberapa...

Bengkulu Tuan Rumah Open Swimming Championship 2022 se-Sumatera

Kupas News, Bengkulu - Gubernur Rohidin Mersyah membuka kejuaraan Bengkulu Open Swimming Championship se Sumatera Tahun 2022 di Kolam Renang Rafflesia Kota Bengkulu, Jum'at...

Wagub Rosjonsyah Terima Kunjungan Eks Gubernur Jabar

Kupas News, Bengkulu - Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu Rosjonsyah menerima audiensi mantan Gubenur Jawa Barat Ahmad Heryawan dalam rangka investasi di bidang Kopi Bengkulu...

JMSI Apresiasi Kesepakatan Dewan Pers dan Polri Cegah Polarisasi Pemilu 2024

Kupas News, Jakarta – Organisasi perusahaan pers Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) menyambut baik kesepakatan Dewan Pers dan Mabes Polri untuk memitigasi polarisasi yang...

Terbaru