Jumat, Januari 28, 2022

Mau Makan Sayur Buah Kelor, ke Kaur Yuuk !

Baca selanjutnya

Foto : detik.com
Foto : detik.com

kupasbengkulu.com – Mungkin anda baru mendengar jika buah kelor itu bisa disayur. Meskipun buah kayu, namun kelor bagi masyarakat Kabupaten Kaur khususnya Bintuhan ini buah Kelor tergolong mahal dan banyak disukai warga untuk disayur.

Di Kabupaten Kaur buah kelor dikenal dengan sebutan Me’unggai dan pohon kelor ini tidak dengan sengaja ditanam atau tanaman kebun. Dengan kebiasaan masyarakat setempat menggunakan batang kelor sebagai pancang (untuk pagar rumah) itulah memudahkan masyarakat mendapatkan buah tersebut.

Namun ada juga sebagian masyarakat yang sengaja menancapkan pohon kelor di depan atau belakang rumahnya untuk diambil buahnya.

Pohon kelor tergolong pohon yang tinggi dan mempunyai banyak cabang, dan buah yang bisa disayur itu buah yang tidak terlalu tua dan muda. Selain buahnya, bunga kelor pun enak disayur.

Salah satu warga Kaur Selatan, Mahdalena (43), menerangkan, jika ia tidak mengetahui persis sejak kapan Buah kelor ini mulai disayur oleh warga Kaur. Karena seingat dia buah kelor sudah bisa disayur. Dan rasanya enak dimakan, apalagi dicampur dengan ikan panggang.

“Seingat saya buah kelor ini sudah disayur, dan saya tidak tau persis siapa yang memulai makan buah ini,” ungkap Mahdalena, Minggu (14/09/2014).

Buah kelor ini, lanjut Mahdalena, sedikit mahal, selain sulit didapat juga salah satu sayuran yang sangat digemari oleh warga kaur, biasanya buah kelor dijual per-sarung (biji). Dalam satu ikat itu berisi 8 hingga 10 biji, dan biasanya dijual Rp 7.500 per ikatnya.

“Biasanya buah kelor disayur dengan santan kelapa dan bisa juga dicampur dengan terong, kacang panjang, ikan bakar, petai, dan sayur lainnya,” demikian Mahdalena.(mty)

- Advertisement -

Genap Setahun, Kapolri Usung Semangat Transformasi Polri yang Presisi

Kupas News, Jakarta – Jenderal Listyo Sigit Prabowo genap menjabat satu tahun menjadi Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), hari ini, setelah dilantik oleh...

Pemkot Bengkulu Raih Predikat Standar Kepatuhan Pelayanan Publik

Kupas News, Bengkulu – Ditahun 2021, standar pelayanan Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu kembali meraih piagam penghargaan predikat kepatuhan tinggi standar pelayanan publik dari Ombudsman...

Dua dari Tiga Pelaku Curanmor di Seluma Masih Dibawah Umur

Kupas News, Seluma – Tiga orang tersangka berinisial RP (17) , AL (17) dan DH (20) terlibat Pencurian kendaraan bermotor (Curanmor). Ketiganya merupakan warga...

Gubernur Rohidin Pastikan Alokasi Dana KUR Sentuh Industri Kecil

Kupas News, Bengkulu – Provinsi Bengkulu kembali mendapatkan penambahan alokasi kuota Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Pemerintah Pusat yang akan disalurkan melalui Bank Himbara...

Bengkulu Masuk 10 Besar Nasional Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Kupas News, Bengkulu – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu berhasil mendapatkan predikat Baik dengan perolehan nilai 2,79 di atas Provinsi Jawa Tengah yang mendapatkan nilai...

1 KOMENTAR

Comments are closed.

Terbaru