Senin, Agustus 15, 2022

Mau Makan Sayur Buah Kelor, ke Kaur Yuuk !

Baca selanjutnya

Foto : detik.com
Foto : detik.com

kupasbengkulu.com – Mungkin anda baru mendengar jika buah kelor itu bisa disayur. Meskipun buah kayu, namun kelor bagi masyarakat Kabupaten Kaur khususnya Bintuhan ini buah Kelor tergolong mahal dan banyak disukai warga untuk disayur.

Di Kabupaten Kaur buah kelor dikenal dengan sebutan Me’unggai dan pohon kelor ini tidak dengan sengaja ditanam atau tanaman kebun. Dengan kebiasaan masyarakat setempat menggunakan batang kelor sebagai pancang (untuk pagar rumah) itulah memudahkan masyarakat mendapatkan buah tersebut.

Namun ada juga sebagian masyarakat yang sengaja menancapkan pohon kelor di depan atau belakang rumahnya untuk diambil buahnya.

Pohon kelor tergolong pohon yang tinggi dan mempunyai banyak cabang, dan buah yang bisa disayur itu buah yang tidak terlalu tua dan muda. Selain buahnya, bunga kelor pun enak disayur.

Salah satu warga Kaur Selatan, Mahdalena (43), menerangkan, jika ia tidak mengetahui persis sejak kapan Buah kelor ini mulai disayur oleh warga Kaur. Karena seingat dia buah kelor sudah bisa disayur. Dan rasanya enak dimakan, apalagi dicampur dengan ikan panggang.

“Seingat saya buah kelor ini sudah disayur, dan saya tidak tau persis siapa yang memulai makan buah ini,” ungkap Mahdalena, Minggu (14/09/2014).

Buah kelor ini, lanjut Mahdalena, sedikit mahal, selain sulit didapat juga salah satu sayuran yang sangat digemari oleh warga kaur, biasanya buah kelor dijual per-sarung (biji). Dalam satu ikat itu berisi 8 hingga 10 biji, dan biasanya dijual Rp 7.500 per ikatnya.

“Biasanya buah kelor disayur dengan santan kelapa dan bisa juga dicampur dengan terong, kacang panjang, ikan bakar, petai, dan sayur lainnya,” demikian Mahdalena.(mty)

Kanwil Kemenkumham Bengkulu Sosialisasikan Kekayaan Intelektual Manusia

Kupas News, Bengkulu – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham) Provinsi Bengkulu Erfan mengatakan, kekayaan intelektual adalah hak yang...

54 Paskibraka Bengkulu Siap Kibarkan Merah Putih 17 Agustus Besok

Kupas News, Bengkulu – Setelah melalui seleksi dan pemusatan latihan, sebanyak 54 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Bengkulu Tahun 2022 dikukuhkan Gubernur Rohidin...

Garda Rafflesia Minta APH Usut Proses Lelang Puskesmas Pondok Suguh

Kupas News, Bengkulu – Proses lelang Renovasi-Penambahan Ruang Persalinan Puskesmas Pondok Suguh Tahun 2022 di Dinas Kesehatan Mukomuko turut menjadi perhatian aktivis lembaga swadaya...

Polisi Temukan 24 Paket Ganja Dikontrakan Warga Kebun Ros

Kupas News, Kota Bengkulu - Prestasi ditorehkan kembali oleh Ditresnarkoba Polda Bengkulu yang berhasil mengungkap penyalahgunaan Narkoba dengan menangkap seorang tersangka berinisial MO (37)...

Kejuaraan Tenis Meja Bengkulu Resmi Ditutup

Kupas News, Bengkulu - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah secara resmi menutup Kejuaraan Tingkat Provinsi Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Tahun 2022 sekaligus menyerahkan...

1 KOMENTAR

Komentar ditutup.

Terbaru