Sabtu, Desember 10, 2022

Mau Tahu Tips Mencegah Virus MERS ?

Baca selanjutnya

Ilustrasi/Istimewa
Ilustrasi/Istimewa

kupasbengkulu.com- Bahaya penyebaran virus MERS (Middle Eastern Respiratory Syndrome) sangat santer dan mulai mengancam kehidupan manusia. Agar virus ini tidak berkembang, pola hidup sehat ternyata bisa mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus ini. Berikut beberapa tips untuk mencegah virus MERS seperti yang dilansir klik dokter :

1. Cuci Tangan

Virus MERS menyebar melalui udara (airborne disease), mirip seperti penyebarannya virus influenza. Droplet (bulir air mikro) virus MERS yang bertebaran di udara dapat dengan mudah hinggap dari benda ke benda. Salah satu pencegahan penyebaran dan infeksi virus MERS adalah dengan mencuci tangan dan menjaga kebersihan tangan.

Senantiasalah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Sedahsyat apapun cairan pembersih tangan gel, tidak dapat menggantikan hasil kebersihan tangan yang didapat dengan mencuci tangan.

 2. Hindari Mengusap Mata & Hidung dengan Tangan Langsung

Virus MERS dengan sangat mudah dapat menginfeksi tubuh melalui cairan tubuh. Beberapa pintu masuk virus MERS yang sangat mudah menginfeksi tubuh adalah melalui mata, hidung dan mulut.

Oleh karena itu, hindarilah pengusapan mata, hidung ataupun mulut bibir dengan tangan langsung, terutama jika Anda habis dari area yang diduga kuat penyebaran virus MERS. Disinilah aspek pentingnya mencuci tangan.

3. Hindari Kontak Langsung dengan Pengidap

Karena vaksin apalagi obat untuk virus MERS belum ada, sangat disarankan untuk menjaga kontak langsung dengan pengidap. Penanganan para pengidap virus MERS saat ini baru sebatas pemberian obat pengurang gejala yang muncul.

Oleh karena itu sangat bijaksana untuk mengambil tindakan menghindari dahulu untuk sementara dengan pengidap.

4. Gunakan Masker

Mengingat penyebaran dan proses infeksi virus MERS sangat mudah terjadi melalui cairan tubuh (mirip seperti virus flu biasa), sangat disarankan Anda untuk mengurangi risiko penyebaran virus MERS dengan membatasi akses masuk ke tubuh kita, yakni dengan menutup mulut dan hidung dengan masker.

Penggunaan masker juga menekan risiko paparan kontak langsung tangan Anda ke hidung dan mulut.

5. Tutuplah Mulut & Hidung Ketika Batuk dan Bersin

Ketika Anda bersin dan tidak menutup mulut dan hidung Anda, ratusan droplet dari bersin Anda terbang hingga sejauh 2-3 meter bahkan hingga 40 meter dengan bantuan angin yang bertiup membawa droplet.

Tutuplah mulut dan hidung Anda ketika bersin dan batuk. Jangan jadikan ruang sekitar Anda sebagai sarang virus yang membahayakan kesehatan Anda. Dalam hal ini, penggunaan masker sangat membantu.

Jika Anda terkendala masker, maka tutuplah hidung dan mulut Anda dengan tissue, kemudian buang di tempat yang tepat tissue yang Anda gunakan. Jangan membuang sembarangan bekas tissue Anda.

6. Jagalah Kebersihan & Senantiasa Hidup Higienis

Biasakan diri Anda untuk menegakkan pola hidup bersih dan sehat. Seperti mencuci tangan sebelum makan dan menyiapkan makanan, mencuci tangan setelah buang air kecil dan buang air besar, memastikan makanan yang Anda makan berasal dari pengolahan makanan yang higienis.

Hal sepele lainnya adalah menyentuh uang. Sebuah uang telah panjang dan banyak bersirkulasi berpindah tangan ke berbagai orang dan pihak. Dan sudah tidak dapat dibayangkan lagi seberapa tidak higienisnya di sebuah uang, baik itu koin maupun kertas.

Pastikan ruangan di tempat Anda tanggal bersih dan mendukung untuk kesehatan para penghuni.

7. Cucilah Sayur dan Buah

Dalam mengolah makanan, aspek kebersihan menjadi hal yang paling penting. Salah dalam pengolahan makanan, bisa-bisa bahan makanan yang tadinya sudah sempurna menyehatkan, malah dapat bersifat berbalik menyerang kesehatan.

Cucilah dengan air mengalir sayur dan buah yang hendak Anda konsumsi. Sedikit tips, cucilah buah atau sayur begitu siap digunakan, bukan mencuci persis sebelum masuk ke kulkas. Karena pencucian buah dan sayur sebelum masuk ke kulkas dapat merusak kelembaban buah dan sayur sehingga lebih cepat membusuk.

8. Tegakan Pola Hidup Sehat

Biasakan untuk senantiasa menegakkan pola hidup sehat, biasakan untuk rutin berolahraga dengan olahraga yang Anda gemari. Jaga juga pola makan Anda dengan asupan yang bernutrisi dan gizi seimbang. Hindari pola makan yang tidak sehat, seperti mengurangi makanan berlemak, berhenti mengkonsumsi alkohol dan tidak makan sembarangan. Pola tidur juga berperan penting. Biasakan untuk senantiasa mencukupi waktu kebutuhan tidur Anda.

Dengan pola hidup sehat, Anda meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah tertular penyakit.(**)

sumber : klikdokter

KUHP Tidak Berlaku untuk Kegiatan Kemerdekaan Pers

Kupas News, Jakarta - Walaupun Rancangan Undang-undang (RUU) Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) telah disahkan DPR menjadi UU KUHP,  khusus untuk pelaksanaan kemerdekaan pers...

Komisi XI DPR RI dan BI Sosialisasikan Transaksi Digital QRIS di Rejang Lebong

Kupas News, Rejang Lebong –  Anggota Komisi XI DPR RI Susi Marleny Bachsin bersama Bank Indonesia (BI) kembali melakukan Sosialisasi dan Edukasi Quick Response...

Janda Miliki Anak Sakit di Kepahiang Terima Bantuan Bedah Rumah

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan bedah rumah program Baznas di Desa Kandang, Seberang Musi, Kepahiang, Rabu, 7 Desember 2022,...

Problem Solving Kepolisian Mediasi Dua Perempuan Terlibat Kasus Penganiayaan

Bhabinkamtibmas Polsek Taba Penanjung saat menggelar kegiatan problem solving kepolisian, Rabu, 7 Desember 2022, Foto: Dok Kupas News, Bengkulu Tengah - Mencoba melakukan mediasi sebagai...

Bea Cukai Musnahkan Barang Milik Negara Hasil Penindakan KPPBC TMP C Bengkulu

Kepala Bea Cukai Provinsi Bengkulu Ardhani Naryasti bersama perwakilan instansi terkait saat melakukan pemusnahan barang milik negara, di Kantor Bea Cukai provinsi Bengkulu, Kamis,...
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Terbaru