oleh

Pemkot Bengkulu Tawarkan KUBE untuk PSK “Yang Tahu”

Sekretaris Dinas Sosial Kota Bengkulu, Dra. Zuliyati
Sekretaris Dinas Sosial Kota Bengkulu, Dra. Zuliyati

kupasbengkulu.com – Dinas Sosial Kota Bengkulu, diwakili sekretaris, Dra. Zuliyati, memberikan penawaran kepada para Pekerja Seks Komersial (PSK) di RT VIII “Yang Tahu” untuk mengikuti program Kelompok Usaha Bersama (KUBE), dalam upaya melepaskan diri dari jerat prostitusi.

Program KUBE merupakan program kelompok usaha bersama, yang mana masyarakat bisa mengajukan proposal usaha untuk selanjutnya apabila proposal tersebut disetujui, kelompok akan mendapat bantuan modal usaha dari pemerintah.

“Sebelumnya masyarakat di sini diharuskan untuk membentuk kelompok usaha, kemudian mengajukan proposal ke Dinas Sosial Kota Bengkulu. Nantinya proposalnya akan kita proses, kalau disetujui maka akan diberikan modal usaha,” ungkap Zuliyati, Kamis (26/06/2014).

Diungkapkan Zuliyati, program KUBE ini tentunya akan sangat membantu para PSK. Dirinya yakin tidak selamanya para wanita tersebut ingin bekerja sebagai PSK. Oleh karena itu mereka harus dibekali modal dan keterampilan untuk bisa kembali lagi ke tengah masyarakat.

“Saya yakin tidak akan selamanya mereka berada di lokasi prostitusi ini. Ada titik di mana mereka ingin kembali ke masyarakat. Namun untuk bertahan hidup dengan cara yang layak, mereka harus memiliki modal dan keterampilan,” lanjutnya.

Namun sayangnya, warga bisa mengikuti program KUBE di tahun depan, karena proposal tidak bisa lagi direalisasikan di tahun ini.

“Kami sarankan agar segera membuat proposal usahanya, agar di tahun depan bisa mendapat bantuan program KUBE,” jelasnya. (val)

Rekomendasi