Senin, Agustus 15, 2022

Pemprov dan Pemkot Bengkulu Kolaborasikan Penataan Wisata Pantai Panjang

Baca selanjutnya

Kupas News – Optimalkan penataan objek wisata Pantai Panjang Kota Bengkulu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu berkolaborasi dan bersinergi. Hal ini tidak lain upaya pemerintah daerah untuk menjadikan ojek Wisata Pantai Panjang sebagai salah satu destinasi tujuan utama di Bumi Rafflesia.

Dijelaskan Sekda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri, bentuk kolaborasi dan sinergi yang dilakukan tersebut, mulai dari pengelolaan parkir, penerangan lampu jalan, pengelolaan sampah hingga penataan pedagang.

“Ini nanti dengan adanya sama-sama melakukan inventarisasi, merekapitulasi permasalahan, maka nanti tidak ada lagi permasalahan kota atau pun provinsi. Semuanya permasalahan dan urusan kita bersama untuk kita selesaikan bersama-sama,” terang Sekda Provinsi Hamka Sabri usai pimpin Rapat Koordinasi antara Pemprov dan Pemkot Bengkulu terkait Penataan dan Pengelolaan Kawasan Wisata Pantai Panjang Bengkulu, di Ruang Rapat Lantai III Kantor Gubernur Bengkulu, Rabu (24/11).

Lanjut Hamka Sabri, dibentuk tim bersama-sama sesuai dengan tupoksi masing-masing. Membahas kekhususan tentang pengelolaan sampah dan penerangan lampu jalan.

“Karena setelah kesepakatan antara Pak Walikota dengan Pak Gubernur, ini tadi kita luruskan supaya tidak menyalahi kewenangan. Kita koordinasi antara Dishub dan ESDM kita, beserta dengan PLN supaya diterangkan kembali,” imbuhnya.

Sementara ditegaskan Sekda Hamka pemasukan PAD dari sektor pajak dan retribusi di Pantai Panjang sepenuhnya ke Pemkot Bengkulu. Retribusi dan pajak daerah yang bersumber dari Pantai Panjang bukan kewenangan Pemprov Bengkulu, itu adalah kewenangan Pemkot Bengkulu.

“Saya sudah ingatkan dan tegaskan tim kita Pemprov Bengkulu, tidak mengambil berupa pajak dan retribusi daerah dari Pantai Panjang. Saya tegaskan jangan ada sepeser pun uang masuk ke kas Pemprov Bengkulu dari situ,” ujarnya.

Sementara itu, untuk memaksimalkan kolaborasi dan sinergi tersebut, juga akan dibentuk 1 tim terpadu kebersihan, parkir, penataan bangunan pedagang dan hotel restoran sesuai dengan leading sektor masing-masing.

Sebelumnya, rapat terkait pengelolaan dan penataan Pantai Panjang ini juga telah dilakukan Pemprov Bengkulu bersama seluruh anggota PHRI dan kemudian rapat terkait pengelolaan parkir.

“Tujuan kita untuk melakukan kolaborasi dan sinergi antara Pemkot dan Pemprov Bengkulu, yang masing-masing menangani sektor, misalnya sektor parkir yang nanti kita kolaborasikan antara Dishub Provinsi dengan Kota Bengkulu,” pungkasnya.

Juga tampak hadir dalam pertemuan tersebut, Asisten I Pemkot Bengkulu Eko Agusrianto beserta beberapa kepala OPD teknis, seperti Kadis Pariwisata, Perhubungan dan Satpol PP Kota Bengkulu serta Kadis PUPR dan Kadis Perhubungan Provinsi Bengkulu.

Editor: Riki Susanto

Kejuaraan Tenis Meja Bengkulu Resmi Ditutup

Kupas News, Bengkulu - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah secara resmi menutup Kejuaraan Tingkat Provinsi Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Tahun 2022 sekaligus menyerahkan...

Sambut HUT Pramuka Ke 61, Kwarda Bengkulu Ziarah ke Makam Pahlawan

Kupas News, Bengkulu - Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bengkulu Hamka Sabri memimpin upacara Ziarah Makam Pahlawan dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan...

Dua Remaja Kantongi Sabu Diamankan Polres Bengkulu

Kupas News, Bengkulu - Tindak lanjut hasil penyelidikan Tim Opsnal yang diturunkan setelah menerima informasi warga, Kasat Resnarkoba IPTU E.H Purba dan KBO Satresnarkoba...

Tega, Anak Kandung Jadi Sasaran Sahwat setelah Ditinggal Sang Istri

Kupas News, Rejang Lebong - Seorang oknum Khatib Masjid berinisial MR (43) warga Kabupaten Rejang Lebong (RL) ditangkap personil Polsek Bermani Ulu Polres RL...

Irjen Ferdy Sambo Diperiksa Timsus Polri Sebagai Tersangka

Kupas News, Jakarta - Penyidik tim khusus Polri melakukan pemeriksaan perdana terhadap Irjen Ferdy Sambo di Mako Brimob sebagai tersangka kasus dugaan pembunuhan Brigadir...

Terbaru