Beranda KULINER Penasaran Rasa Bayi Ayam Kampung? Coba yang Satu Ini

Penasaran Rasa Bayi Ayam Kampung? Coba yang Satu Ini

0
ayam taliwang
ayam taliwang
ayam taliwang

kupasbengkulu.com – Selain disebut-sebut sebagai surga berlibur, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) juga menyajikan beberapa makanan yang tidak dijumpai di tempat lain. Seperti halnya makanan khas yang berbahan dasar seekor bayi ayam, makanan ini dikenal dengan Ayam Taliwang.

Ayam Taliwang bisa dikatakan telah menjadi ikon khas Lombok. Makanan ini sangat sering diburu para wiasatawan, apalagi penggemar pedas. Ayam berbumbu pedas ini berasal dari Kampung Karang Taliwang, Kelurahan Cakra Utara, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram. Karenanya, masyarakat Lombok menyebutnya Ayam Taliwang. (baca juga : Sensasi Bertandang ke Pulau Turis, Gili Trawangan)

Ayam digunakan sebagai bahan dasar kuliner ini adalah ayam kampung yang tergolong masih bayi, yakni yang baru berusia 3 bulan. Ukurannya pun mungil seperti burung puyuh. Namun yang tidak terbiasa dengan rasa pedas, tentu akan kaget  dengan rasa pedasnya yang menggigit.

Bagi yang penasaran dengan rasa Ayam Taliwang, silakan berkunjung langsung ke Lombok. Tetapi bagi yang berada jauh dari Lombok dapat mencoba resep masakan tersebut dan mempraktekkannya langsung di rumah.

Berikut resep Ayam Taliwang yang didapat kupasbengkulu.com dari salah satu rumah makan terkenal di Lombok dengan menu utama Ayam Taliwang. Bahan-bahan yang harus Anda siapkan berupa: 1 ekor bayi ayam kampung, belah dadanya namun tidak sampai putus, kemudian lebarkan.

Lalu siapkan juga 2 teh air jeruk nipis dan 2 sendok makan minyak goreng. Untuk bumbu halus siapkan  5 buah cabe merah, 4 buah cabai rawit (bila tidak sukua pedas porsi cabenya dapat dikurangi), 10 siung bawang merah, 5 siung bawang putih, 2 buah tomat, 1 sendok teh terasi, kencur, 2  sendok teh gula merah, 1 sendok makan garam. Siapkan juga minyak goreng untuk menumis.

Cara membuatnya: Tumis bumbu halus hingga harum dan tambahkan air jeruk nipis kemudian angkat. Olesi permukaan ayam dengan minyak goreng, panggang ayam  hingga kecokelatan.  Tusuk-tusuk ayam, lalu olesi dengan bumbu halus. Setelahnya, panggang kembali ayam hingga matang. Sajikan dengan menyiram air jeruk nipis. Selamat mencoba. (beb)