oleh

Penataan Kawasan Soeprapto Diundur Hingga 2015

Jalan Jendral Soeprapto, Kota Bengkulu, Sumber foto: korsela-gadisku.blogspot.com
Jalan Jendral Soeprapto, Kota Bengkulu, Sumber foto: korsela-gadisku.blogspot.com

kupasbengkulu.com – Revitalisasi kawasan pertokoan di Jalan Soeprapto Kota Bengkulu telah dirancang sejak tahun 2012 oleh Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota.  Namun menurut anggota DPRD Kota, yang juga merupakan Wakil Ketua Komisi II, Nuharman, SH penataan tersebut belum maksimal hingga tahun 2014.

Rencananya, pemerintah akan melaksanakan penataan kembali pada tahun 2015 mendatang.

“Memang sejak tahun 2012 Pemerintah Kota melalui Bappeda sudah melakukan penataan, tapi waktu itu penataannya hanya berupa penyamaan warna cat pertokoan saja. Kalau penaatan pokoknya belum, untuk tahun ini juga belum akan dilaksanakan karena anggarannya tidak ada dalam APBD,” terang Nuharman.

Sebelunya kawasan Jalan Soeprapto, akan ditata ulang menjadi pusat kawasan komersial dan ikon Bengkulu seperti yang tertuang dalam Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2012.

Alasan menjadikan kawasan Soeprapto sebagai ikon Bengkulu dikarenakan kawasan itu sejak dulu telah dikenal baik oleh warga Bengkulu maupun diluar Bengkulu. Apalagi didekat lokasi itu terdapat kawasan wisata pantai, wisata sejarah maupun wisata kuliner seperti Benteng Marlborough, Rumah Pengasingan Bung Karno dan sentra produk makanan Bengkulu.

Untuk menata kawasan tersebut Bappeda bekerjasama dengan aparat keamanan terutama Polres Bengkulu berusaha membangun rasa memiliki, baik bagi para pemilik toko di kawasan Soeprapto maupun masyarakat setempat, kawasan parkir dan drainase pun ikut ditata.

Berdasarkan konsep, di sepanjang median jalan akan dibuat menyerupai taman dan tepat di depan kantor Telkom akan dibangun tugu berbentuk bunga Rafflesia, karena Bengkulu dikenal sebagai Bumi Rafflesia. (beb)

Rekomendasi