oleh

Sejarah Gerakan KB di Indonesia dari PKBI

KB

kupasbengkulu.com – Ketua Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kota Bengkulu, S Ujang Efendi, M.Kes mengungkapkan bahwa PKBI adalah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) tertua yang mempelopori gerakan Keluarga Berencana (KB) di Indonesia.

“PKBI adalah pelopor gerakan KB di Indonesia, dan merupakan cikal bakal berdirinya BKKBN di Indonesia” ujarnya.

PKBI didirikan oleh dr Soeharto, dokter pribadi presiden Soekarno. Didirikan pada tahun 1957 bersama-sama para ahli kesehatan dan tokoh masyarakat pada waktu itu.

Pendirian PKBI dilatarbelakangi oleh keprihatinan mereka terhadap tingginya angka kematian ibu dan anak di Indonesia akibat tidak terkontrolnya kehamilan dan kelahiran.

Ada lima prioritas strategis dari PKBI, yaitu pemberdayaan anak dan remaja. Perluasan akses informasi, pendidikan, dan pelayanan berkualitas bagi semua orang, terutama kelompok miskin dan marginal. Pengembangan upaya pencegahan Infeksi Menular Seksual (IMS) dan HIV-AIDS. Pengembangan upaya penanganan kehamilan yang tidak terkendali. Dan advokasi melalui penggalangan dukungan publik dan pengambil kebijakan.

“Peran PKBI sebagai pioneer dari program-program Keluarga Berencana. Kami selalu memegang prinsip kerelawanan, kepeloporan, dan kemandirian,” pungkasnya. (cr2)

Rekomendasi