Minggu, Mei 26, 2024

Sekda Arif Minta OPD Tuntaskan RPJM di Tahun Ke-5

Kupas News, Bengkulu – Sekda Arif Gunadi buka acara Forum Perangkat Daerah tentang penyusunan RKPD Kota Bengkulu 2023. Forum ini mengangkat tema “Konsolidasi Ketercapaian Hasil Pembangunan Masyarakat Bahagia dan Religius”.

Melalui Arief, Walikota Bengkulu Helmi Hasan berpesan kepada seluruh OPD yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Bengkulu untuk merancang susunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah. Kata dia OPD harus betul-betul detail dan mengacu pada visi misi walikota.

“Masing-masing OPD harus menyusun anggaran mengacu pada visi misi walikota. Ini kan sudah tahun ke 4 sehingga nanti di tahun ke 5 RPJM benar-benar tuntas,” kata Arif.

Arif juga menekankan OPD untuk menyegerakan pelaksanaan RKPD di tahun 2022. Karena usulan RKPD akan menjadi acuan dalam penyusunan APBD 2023 walaupun baru sebatas target.

“Walaupun usulannya baru sebatas target, tapi saat penyusunan APBD nanti bisa jadi acuan. Dari usulan pendapatan juga harus serius dan jangan sembarangan. Kalau penyusunan target pendapatan sembarangan nanti berpengaruh pada pembelanjaan,” kata Arif.

Lebih lanjut, kata Arif, dalam penyusunan dan pengusulan anggaran jangan hanya secara global saja. Sebab nanti akan rancu saat ditanya TAPD dan DPRD secara detail.

“Hitungannya harus jelas. Misal, dispora ada kegiatan perlombaan dengan dana sekian. Namun begitu ditanya DPR berapa jumlah peserta, dan dimana lokasinya tidak tahu. Jadi harus detail mau mengadakan kegiatan,” demikian Arif.

Editor: Alfridho Ade Permana

Related

Telan Anggaran Rp 151 Juta, Pengadaan Ayam Desa Mekar Sari Seluma Diduga Mark Up

Telan Anggaran Rp 151 Juta, Pengadaan Ayam Desa Mekar...

233 Personel Polres Mukomuko Amankan Tabligh Akbar Ustaz Abdul Somad

233 Personel Polres Mukomuko Amankan Tabligh Akbar Ustaz Abdul...

Teddy Wijakso, Pelajar Asal Seluma Lolos Seleksi Paskibraka Nasional

Teddy Wijakso, Pelajar Asal Seluma Lolos Seleksi Paskibraka Nasional ...

Mirip Tol, Ini Penampakan Jalan Trans Enggano yang Hampir Tuntas

Mirip Tol, Ini Penampakan Jalan Trans Enggano yang Hampir...

Pemprov Bengkulu Siap Bangun Sinergi dengan Lulusan Terbaik UMB

Pemprov Bengkulu Siap Bangun Sinergi dengan Lulusan Terbaik UMB ...