oleh

Tahun Ini Bengkulu Selatan Surplus Beras 19 Ribu Ton

Kadis Pertanian Bengkulu Selatan Ir Wika Gatot Subroto, MM.
Kadis Pertanian Bengkulu Selatan Ir Wika Gatot Subroto, MM.

kupasbengkulu.com – Data yang diperoleh dari bidang tanaman pangan Dinas Pertanian Bengkulu Selatan, pada musim tanam tahun 2013-2014, produksi hasil dari tanaman padi persawahan di Bengkulu Selatan, terjadi surplus beras sebanyak 19 ribu ton dari 17 ribu hektar lahan persawahan yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan, rata-rata per hektarnya menghasilkan sebanyak 4,6 ton beras. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pertanian Bengkulu Selatan Ir. Wika Gatot Subroto, di ruang kerjanya.

Artinya, jelas dia, dengan lahan persawahan 17 ribu hektar tersebut, dan dengan produksi beras yang ada pada saat ini masih bisa diandalkan dan mencukupi kebutuhan 140 ribu jiwa penduduk Bengkulu Selatan.

Lanjut Wika, kalau dihitung dengan jumlah penduduk Bengkulu Selatan yang ada sekarang ini, yaitu dengan jumlah penduduk 140 ribu orang, yang hanya membutuhkan 20 ribu ton beras setiap tahunnya. Maka dengan hasil panen setiap tahunnya rata-rata 50 ribu ton per tahunnya, berarti Bengkulu Selatan masih surplus beras sekitar 19 ribu ton setiap tahunnya.

“Hal ini bisa saja berubah kalau harga beras di pasaran tidak stabil dan terjadi gejolak di pasaran,” tandas Wika.(tom)

Rekomendasi