Beranda OLAHRAGA U22 Indonesia Bawa Pulang Medali Emas Setelah Bekuk Thailand 5-2

U22 Indonesia Bawa Pulang Medali Emas Setelah Bekuk Thailand 5-2

0
U22 Indonesia Bawa Pulang Medali Emas Setelah Bekuk Thailand 5-2
Formasi lengkap Timnas U22 Indonesia, Foto: Dok/Official PSSI

Kupas News, Bengkulu – Timnas Indonesia sukses meraih mendali emas cabang sepak bola usai mengunci kemenangan atas Thailand di laga final SEA Games Kamboja. Tim Garuda Muda yang dipimpin Kapten Rizki Ridho menang telak dengan skor 5-2, Selasa, (16/05) malam.

Indonesia berinsiatif menyerang sejak awal laga hingga berhasil menciptakan beberapa peluang emas. Lewat Marselino Ferdinan, peluang pertama Indonesia tercipta pada menit ke-10. Sayangnya tendangan pemain bernomor punggung 7 itu masih melambung di atas mistar gawang.

Indonesia terus mengancam dengan permainan apik duet lini tengah Alfeandra Dewangga, Haykal Hafiz dan Fajar Fathur Rachman. Tiba pada menit ke-18, Komang Teguh mengancam gawang namun lagi-lagi masih melambung di atas mistar gawang Thailand.

Stadion Kamboja bergemuruh pada menit ke-20, saat anak asuh Indra Sjafri mampu mengoyak gawang Thailand. Gol pertama itu tercipta lewat skenario lemparan bola ke dalam yang dilakukan Alfeandra Dewangga. Bola melesat ke tiang dekat menjangkau kepala Ramadhan Sananta yang mengubah arah bola hingga bersarang ke gawang Thailand.

Sementara Thailand masih bertahan dengan permainan defensif dengan mengandalkan serangan balik dan umpan-umpan direct. Penyerang Thailand yang diisi Settasit Suvannaseat, Chayapipat Supunpasuch, Teerasak Poeiphimai, Achitpol Keereerom berkali-kali pula merepotkan pertahanan Indonesia.

Akhir babak pertama, Ramadhan Sanata menambah keunggulan Indonesia menjadi 2-0. Gol tercipta lewat umpan lambung yang dikirim Rizki Ridho dari wilayah pertahanan Indonesia. Bola melambung hingga mengecoh koordinasi bek Thailand. Ramadhan Sanata mengambil momentum dengan langsung menyontek bola dari luar kotak pinalti hingga mampu melewati pengaja gawang Thailand yang sudah terlanjur maju.

Babak kedua pemain Thailand nampak lebih agresif untuk mengejar ketertinggalan. Berkali-kali Thailand mengancam gawang Indonesia yang dikawal Ernando. Dipimpin Achitpol Keereerom serang Thailand nyaris membahayakan gawang Indonesia pada menit ke-57 hingga pada menit ke-61 Thailand mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2.

Indonesia hampir saja mengunci kemenangan pada 90 menit pertandingan normal namun terjadi kesalapahaman bunyi peluit wasit. Official dan pemain Timnas Indonesia mengira bunyi peluit wasit sebagai tanda permainan berakhir hingga membuat pemain Indonesia lengah.

Momen ini kemudian dimanfaatkan Thailand yang langsung menyerang hingga terjadi gol penyama kedudukan di menit akhir pertandingan. Official Indonesia sempat protes hingga terjadi kericuhan di bench pemain. Skor 2-2 memaksa permainan dilanjutkan pada babak tambahan 2 x 15 menit.

Mengawali babak tambahan, permainan Indonesia semakin agresif hingga chip sempurna yang dilakukan Irfan Jauhari mampu mengecoh gawang Thailand yang mengembalikan keunggulan Indonesia menjadi 3-2. Momentum emosional ini memicu kerusuhan di lapangan hingga terjadi pemukulan terhadap salah seorang official Indonesia.

Wasit Qasim Matar Ali Al-Hatmi kemudian menghadiahi kartu merah kepada penjaga gawang Thailand, Soponwit yang menjadi biang kerusuhan. Wasit asal Oman itu juga memberikan kartu merah kepada  pemain cadangan Indonesia dan 2 orang official Thailand serta 1 orang official Indonesia.

Pertandingan berlanjut, unggul jumlah pemain semakin menambah produktifitas Timnas Indonesia. Lewat Fajar Faturahman dan Beckham, Indonesia kembali menambah keunggulan 2 gol hingga pertandingan berakhir untuk kemenangan Indonesia dengan skor 5-2. Atas kemenangan ini Indonesia berhak menyandang medali emas cabang sepak bola SEA Games Kamboja 2023.

Editor: Riki Susanto