Sabtu, Juni 25, 2022

Bengkulu Peringkat 2 Daerah Tertinggi Realisasi Belanja APBD

Baca selanjutnya

Kupas News, Bengkulu – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu raih peringkat kedua sebagai daerah atas realisasi belanja APBD Provinsi Se-Indonesia Tahun Anggaran (TA) 2022, dengan presentase realisasi belanja sebesar 35,48 persen per 31 Mei 2022 (Triwulan I).

Di mana urutan pertama ditempati Provinsi Jawa Barat dengan presentase realisasi belanja sebesar 42,78 persen dan diperingkat ke tiga diraih Provinsi Banten dengan realisasi belanja sebesar 34,08 persen.

Hal ini diketahui dalam publikasi pada Rapat Koordinasi Percepatan Realisasi APBD TA 2022, via Virtual Meeting yang diikuti oleh Asisten II Setda Provinsi Bengkulu Fachriza, di Ruang Kerjanya, Senin (20/06).

“Rapat koordinasi ini diharapkan dapat makin memperkuat koordinasi dan sinergi dalam mendorong percepatan realisasi atau penyerapan APBD Tahun Anggaran 2022,” jelas Fachriza yang juga merupakan Plh. Sekda Provinsi Bengkulu.

Sementara pada Rapat Koordinasi Percepatan Realisasi APBD TA 2022 via Virtual Meeting yang dipimpin Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro tersebut, Provinsi Bengkulu juga menduduki peringkat 4 sebagai daerah atas realisasi pendapatan dengan presentase sebesar 39,90 persen dan peringkat ke tiga diraih Banten dengan capaian 41,43%.

Di mana peringkat pertama diraih Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan presentase realisasi pendapatan 44,69 persen dan peringkat kedua Provinsi Jawa Barat dengan presentase sebesar 44,51 persen.

“Alhamdulillah atas prestasi ini dan harus kita pertahankan hingga akhir tahun 2022. Sehingga menjadi bagian dari upaya untuk mendorong pemulihan ekonomi, pelaksanaan pembangunan, peningkatan pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Fachriza.

Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro meminta kepada Pemerintah Daerah agar dapat terus fokus dalam upaya percepatan realisasi APBD.

“Ini juga perlu mendapat perhatian secara serius. Untuk lebih meningkatkan atau lebih mempercepat penyerapan APBD 2022,” katanya.

Sementara itu, Berdasarkan data per 31 Mei 2022, realisasi belanja secara agregat atau rata-rata provinsi, kabupaten dan kota berada pada angka 21,43 persen. Di mana Provinsi sebesar 23,96 persen dan kabupaten kota 20,37 persen.

Editor: Iman Sp Noya

Selamat Datang Airlangga

Kupas Artikel - Ucok mengangkat telepon dengan nada tergesa-gesa. Ia mungkin sangat terkejut tumben-tumben saya menelpon. “Siap bos” tutur Ucok menyambut telepon saya. Beberapa...

Bengkulu Tuan Rumah Open Swimming Championship 2022 se-Sumatera

Kupas News, Bengkulu - Gubernur Rohidin Mersyah membuka kejuaraan Bengkulu Open Swimming Championship se Sumatera Tahun 2022 di Kolam Renang Rafflesia Kota Bengkulu, Jum'at...

Wagub Rosjonsyah Terima Kunjungan Eks Gubernur Jabar

Kupas News, Bengkulu - Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu Rosjonsyah menerima audiensi mantan Gubenur Jawa Barat Ahmad Heryawan dalam rangka investasi di bidang Kopi Bengkulu...

JMSI Apresiasi Kesepakatan Dewan Pers dan Polri Cegah Polarisasi Pemilu 2024

Kupas News, Jakarta – Organisasi perusahaan pers Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) menyambut baik kesepakatan Dewan Pers dan Mabes Polri untuk memitigasi polarisasi yang...

Polemik PT. Pamor Ganda Kian Panas, DPW LIRA dan Perwakilan Masyarakat Temui GTRA Bengkulu

Kupas News, Bengkulu - Konflik warga Ketahuan vs PT Pamor Ganda belum tuntas, Gubernur Rohidin meminta para pihak terkait melakukan validasi data penerima kebun...

Terbaru