Sabtu, Mei 28, 2022

Diskominfotik Provinsi Bengkulu Dinobatkan The Best Question di Rakor SDI 2022

Baca selanjutnya

Kupas News – Rapat Koordinasi Satu Data Indonesia (SDI), Kamis (17/3) yang dihadiri oleh seluruh Kepala Dinas Kominfo Provinsi se-Indonesia di Sidoarjo, Jawa Timur menjadi moment istimewa dan kebanggaan bagi Provinsi Bengkulu. Pasalnya Diskominfotik Provinsi Bengkulu yang diwakili oleh Plt. Kadis Kominfotik Sri Hartika, M.Si dinobatkan sebagai The Best Question pada Rakor tersebut.

Acara Rakor yang membahas tentang penguatan dinas kominfo selaku Walidata di daerah berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019 tentang SDI menjadi ajang penting. Yang mana penyelenggaraan SDI di Provinsi Bengkulu sendiri sudah masuk dalam kategori baik.

“Penyelenggaraan SDI untuk Provinsi Bengkulu bisa dikatakan sudah lebih baik dibandingkan daerah lainnya. Provinsi Bengkulu telah memiliki regulasi dengan terbitnya Pergub SDI Provinsi Bengkulu. Termasuk juga upaya Diskominfotik Provinsi Bengkulu dalam mendorong pemda kabupaten/kota untuk membuat kebijakan berupa perda serupa,” kata Sri Hartika.

Lanjut Sri Hartika, kolaborasi antara Dinas Kominfotik dan Bappeda Provinsi Bengkulu juga telah membentuk Forum Data Provinsi Bengkulu. Koordinator dan sekretariatnya di Bappeda serta Kominfotik selaku walidata kemudian perangkat daerah lainnya selaku produsen data dan walidata pendukung.

Selain itu, kata Sri Hartika, Kominfotik Provinsi Bengkulu sudah melakukan pengumpulan data sektoral setiap tahunnya dari OPD selaku produsen data. Data tersebut diolah dan dikompilasi menjadi Buku Data Sektoral Provinsi Bengkulu yang terbit setiap tahun serta melalui Rekomendasi Badan Pusat Statistik terlebih dahulu.

“Dinas Kominfotik dan Bappeda sudah membentuk Forum Data Provinsi Bengkulu. Kominfotik disini selaku walidata yang kemudian mengumpulkan data sektoral dari OPD (produsen data). Sehingga melalui rekomendasi BPS, data tersebut akan diolah lalu dikompilasi menjadi Buku Data Sektoral Provinsi Bengkulu,” papar Sri Hartika.

Tak hanya itu, media penyebarluasan data sektoral Provinsi Bengkulu sekarang sudah tersedia secara online. Kominfotik Provinsi Bengkulu juga telah memiliki aplikasi berbasis website yaitu Aplikasi e-Statistik dengan alamat web statistik.bengkuluprov.go.id. Aplikasi ini tahun lalu mendapat skor tertinggi dalam penilaian Indeks Inovasi Daerah Provinsi Bengkulu oleh Kemendagri RI.

Selain membahas penguatan Diskominfotik selaku Walidata, Rakor SDI ini juga memberi pemahaman bahwa SDI merupakan kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagikan antar instansi pusat dan instansi daerah.

“Dengan terselenggaranya SDI di daerah dengan baik, maka kualitas kebijakan yang akan diambil oleh pemerintah di suatu daerah, akan membuat pembangunan dapat dilaksanakan dengan tepat sasaran, tepat waktu serta tentu saja akan menghemat dari segi anggaran,” tutup Sri Hartika.

Pertemuan seluruh Kadis Kominfo se-Indonesia ini turut dihadiri Dirjen dari KemenPAN-RB dan Kemendagri Republik Indonesia.

Editor: Benny Benardie

Batal Tata DDTS, Dispar Kota Tetap Lakukan Pembinaan

Kupas News, Kota Bengkulu - Kendati batal menata kawasan wisata Danau Dendam Tak Sudah (DDTS) karena terkendala beberapa peraturan. Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui...

Gubernur Rohidin Lantik Pj Bupati Bengkulu Tengah

Kupas News, Bengkulu - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Rabu, (25/5) secara resmi melantik Heryandi Roni sebagai Penjabat (Pj) Bupati Bengkulu Tengah (Benteng), di Balai...

Disdukcapil Dukung Program Penyederhanaan Administrasi Berbasis Data Kependudukan

Kupas News, Kota Bengkulu – Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan tengah mengupayakan wacana pemberlakuan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam KTP menjadi Nomor Pokok Wajib...

Dahri Iskandar: Jangan Tunggangi Kepentingan Politik Soal Pembebasan 40 Petani

Kupas News, Mukomuko – Kapolres Mukomuko membebaskan 40 orang tersangka dalam kasus pencurian kelapa sawit milik PT Daria Dharma Pratama (DDP). Penyelesaian kasus ini...

Gandeng Bank Bengkulu, BPKD Launching Aplikasi e-Retribusi

Kupas News, Bengkulu – Bekerjasama dengan Bank Bengkulu, Badan Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah (BPKD) Provinsi Bengkulu, Selasa, secara resmi melakukan launching Aplikasi e-Retribusi...

Terbaru