Minggu, Mei 22, 2022

DPRD Kota Bengkulu Terima Piala Adipura

Baca selanjutnya

Ketua DPRD Kota Bengkulu, Sawaluddin Simbolon, S.Sos, MM menyambut kedatangan Walikota Bengkulu, H.Helmi Hasan, SE dan Wakil Walikota Bengkulu, Ir.Patriana Sosialinda  yang memboyong piala Adipura di Bandara Fatmawati Soekarno, Minggu pagi  (8/6/2014).
Ketua DPRD Kota Bengkulu, Sawaluddin Simbolon, S.Sos, MM menyambut kedatangan Wali kota Bengkulu, H.Helmi Hasan, SE dan Wakil Wali kota Bengkulu, Ir.Patriana Sosialinda yang memboyong piala Adipura di Bandara Fatmawati Soekarno, Minggu pagi (8/6/2014).

kupasbengkulu.com – Minggu pagi (8/6/2014) Ketua DPRD Kota Bengkulu, Sawaluddin Simbolon, S.Sos, MM menyambut kedatangan rombongan Walikota Bengkulu, H.Helmi Hasan, SE dan Wakil Walikota Bengkulu, Ir.Patriana Sosialinda yang memboyong piala Adipura untuk tahun 2014 di Bandara Fatmawati Soekarno.

Adipura merupakan sebuah penghargaan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup bagi kota di Indonesia yang berhasil menjaga kebersihan dan pengelolaan lingkungan perkotaan.

Program Adipura telah dilaksanakan setiap tahun sejak 1986, kemudian terhenti pada tahun 1998. Dalam lima tahun pertama, program Adipura difokuskan untuk mendorong kota-kota di Indonesia menjadi “Kota Bersih dan Teduh”.

Ketua DPRD Kota Bengkulu, Sawaluddin Simbolon, S.Sos, MM selaku wakil rakyat Kota Bengkulu menerima penyerahan piala Adipura dari Walikota Bengkulu, H.Helmi Hasan, SE  di Masjid Agung Attaqwa
Ketua DPRD Kota Bengkulu, Sawaluddin Simbolon, S.Sos, MM selaku wakil rakyat Kota Bengkulu menerima penyerahan piala Adipura dari Wali kota Bengkulu, H.Helmi Hasan, SE di Masjid Agung Attaqwa

Program Adipura kembali dicanangkan di Denpasar, Bali pada tanggal 5 Juni 2002, dan berlanjut hingga sekarang. Pengertian kota dalam penilaian Adipura bukanlah kota otonom, namun bisa juga bagian dari wilayah kabupaten yang memiliki karakteristik sebagai daerah perkotaan dengan batas-batas wilayah tertentu.

Kriteria Adipura terdiri dari dua indikator pokok, yakni indikator kondisi fisik lingkungan perkotaan dalam hal kebersihan dan keteduhan kota serta indikator pengelolaan lingkungan perkotaan (non-fisik), yang meliputi institusi, manajemen dan daya tanggap.

Karenanya, saat rombongan walikota tiba di Bandara Fatmawati tadi pagi, Ketua DPRD Kota tampak begitu sumringah, mengingat pada tiga tahun terakhir yakni tahun 2011, tahun 2012 dan tahun 2013, Kota Bengkulu tidak berhasil menerima piala Adipura. Piala Adipura tersebut merupakan piala kelima yang berhasil didapat Kota Bengkulu.

Ketua DPRD Kota turut serta dalam arak-arakan piala Adipura yang dimulai dari Bandaara Fatmawati Soekarno melewati wilayah Kelurahan Pagar Dewa menuju Kilometer VIII.

Rombongan kemudian melewati Simpang Padang Harapan menuju Tanah Patah dan Simpang V Ratu Samban, berhenti sejenak di depan Masjid Jamik Pintu Batu, melewati Balai Raya Semarak dan berakhir di Masjid Agung Attaqwa Anggut Atas. Di masjid tersebut Ketua DPRD Kota Bengkulu, Sawaluddin Simbolon selaku wakil rakyat Kota Bengkulu secara resmi menerima penyerahan piala Adipura dari Walikota Bengkulu, Helmi Hasan.

“Berkat kerjasama masyarakat Kota Bengkulu dan kerja keras Dinas Pertamanan dan Kebersihan Kota Bengkulu berhasil meraih piala Adipura. Kami dari DPRD Kota yang merupakan wakil rakyat sangat bangga dengan pencapaian ini.

Semoga pada tahun-tahun berikutnya Kota Bengkulu kembali dapat meraih Adipura,” ungkap Sawaluddin Simbolon.

Sawaluddin juga mengingatkan pihak Dinas Pertamanan dan Kebersihan Kota Bengkulu tidak terlena atas pencapaian tersebut. Sehingga terus bekerja maksimal, bukan semata-mata karena ingin meraih Adipura melainkan untuk mewujudkan Kota Bengkulu sebagai kota yang bersih dan teduh. Disisi lain, apabila selama 3 tahun berturut-turut berhasil meraih Adipura maka Kota Bengkulu berksempatan meraih Adipura Kencana. (beb/adv)

Maraknya Konflik Agraria, Dempo Xler Menilai Hukum Tidak tegak

Kupas News, Bengkulu – Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Dempo Xler turut bersikap atas maraknya konflik agraria yang terjadi di wilayah Provinsi Bengkulu....

Ketua Dewan Supriyanto Dampingi Helmi Hasan Terima Penghargaan WTP dari BPK

Kupas News, Kota Bengkulu – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu berhasil mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pengawas Keuangan (BPK) atas laporan keuangan...

ARGA Gelar Halal Bihalal Bertajuk Mendukung Pers Bersatu Membangun Negeri

Kupas News, Mukomuko – Aliansi Remaja Gemar Aktifitas (ARGA), Kamis (19/05) menggelar acara Halal Bihalal dan Silaturahmi bertajuk “Mendukung Pers Bersatu Membangun Negeri” di...

Sera dan Joan Bakal Jadi Kado Spesial JMSI di HUT Kabupaten Seluma

Kupas News, Seluma - Dalam Rangka Memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Seluma yang ke-19, Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kabupaten Seluma mempersembahkan kado Spesial...

Posisi Penting Indonesia pada Kerentanan Kawasan dan Konflik Global

Kupas News, Artikel - Bulan Mei adalah bulan penting dalam kalender politik bangsa Indonesia. Pada bulan ini kita merayakan hari kebangkitan nasional sebagai momentum...

Terbaru