Senin, Mei 27, 2024

Gandeng Bank Bengkulu, BPKD Launching Aplikasi e-Retribusi

Kupas News, Bengkulu – Bekerjasama dengan Bank Bengkulu, Badan Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah (BPKD) Provinsi Bengkulu, Selasa, secara resmi melakukan launching Aplikasi e-Retribusi Pemprov Bengkulu, di Hotel Mercure Bengkulu.

Dikatakan Asisten III Setda Provinsi Bengkulu Gotri Suyanto, Pemprov Bengkulu selalu mengupayakan peningkatan pelayanan terhadap masyarakat. Salah satunya pelayanan dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Program aplikasi e-Retribusi berbasis website ini, kata Gotri nantinya akan meningkatkan pelayanan dan kemudahan bagi masyarakat dalam pemanfaatan objek retribusi daerah. Ini sekaligus menghindari manipulasi anggaran yang mengakibatkan kebocoran-kebocoran PAD.

“Selanjutnya untuk memudahkan masyarakat dalam mengetahui dan menggunakan aplikasi ini, maka sosialisasi ini harus dilakukan dari sekarang,” kata Gotri Suyanto, (24/5).

Sementara, Kepala BPKD Provinsi Bengkulu Yuliswani, menyebut secara teknis aplikasi e-Retribusi Pemprov Bengkulu bisa langsung didownload di Play Store dan rencananya akan diberlakukan pelaksanaannya awal Juni mendatang.

“Ke depan kami juga akan menerapkan e-Pajak. Ini semua untuk mempermudah masyarakat wajib pajak dalam mendukung PAD dan pembangunan daerah,” sebut Yuliswani.

Diketahui aplikasi e-Retribusi Pemprov Bengkulu diterapkan di beberapa OPD, yaitu BPKD, Setda Provinsi Bengkulu, Badan Penghubung, Dikbud, Dinkes, Dinsos, Diskop, Dispar, Disnakertrans dan BPSDM dalam kategori sewa gedung dan penginapan.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara BPKD Provinsi Bengkulu dengan Bank Bengkulu terkait penguatan sinergi dan teknis penggunaan aplikasi e-Retribusi Pemprov Bengkulu.

Editor: Benny Benardie

Related

Personel Polres Mukomuko Ikuti Sosialisasi Pembinaan Etika Profesi Polri

Personel Polres Mukomuko Ikuti Sosialisasi Pembinaan Etika Profesi Polri ...

Ketua Panwaslu Kecamatan Tanjung Kemuning Lantik 44 Orang PTPS

Ketua Panwaslu Kecamatan Tanjung Kemuning Lantik 44 Orang PTPS   Tue,...

Alat Berat Diturunkan Atasi Longsor Jalur Lintas Curup-Muara Aman

Alat Berat Diturunkan Atasi Longsor Jalur Lintas Curup-Muara Aman ...

Pemprov Bengkulu Pastikan Mobilisasi Material Proyek ke Pulau Enggano Lancar

Pemprov Bengkulu Pastikan Mobilisasi Material Proyek ke Pulau Enggano...

Apel Perdana Tahun 2024, Bupati Kopli Pesankan Ini Kepada Seluruh ASN

Apel Perdana Tahun 2024, Bupati Kopli Pesankan Ini Kepada...