Kamis, Desember 2, 2021

Gubernur Kembangkan Lima Pendidikan Kemaritiman di Bengkulu

Baca selanjutnya

Gubernur Bengkulu, Ridwan Mukti, menandatangani kesepakatan bersama (MoU) dengan Rektor Universitas Bengkulu (UNIB), Ridwan Nurazi, terkait Regional Network For Property Eradication (Renper).
Gubernur Bengkulu, Ridwan Mukti, menandatangani kesepakatan bersama (MoU) dengan Rektor Universitas Bengkulu (UNIB), Ridwan Nurazi, terkait Regional Network For Property Eradication (Renper).

kupasbengkulu.com – Gubernur Bengkulu, Ridwan Mukti, berencana mengembangkan bidang ilmu kelautan dan kemaritiman guna mendorong Bengkulu menjadi salah satu provinsi maritim.

“Kita minta UNIB dan perguruan tinggi lainnya untuk membangun fakultas kemaritiman. Tentunya kita dorong nanti dukungan kepada Kemenristek, tujuannya agar minimal ada lima jurusan kelautan dan kemaritiman di Bengkulu,” ujar gubernur, Selasa (12/04/2016).

Adapun kelima jurusan yang ingin dikembangkan di antaranya jurusan teknologi perikanan tangkap, budidaya kelautan, teknologi perkapalan, teknologi pelayaran, serta ekonomi kreatif dan kearifan lokal.

“Jika kita mengembangkan teknologi perikanan tangkap, minimal potensi tuna yang ada di sini lebih mudah dieksplor. Kemudian jurusan budidaya kelautan, sehingga perikanan budidaya mampu juga kita kembangkan secara besar-besaran di Bengkulu. Belum lagi jurusan teknologi perkapalan yang memungkinkan kapal-kapal yang digunakan untuk kelautan dibuat sendiri oleh putera-puteri dari Provinsi Bengkulu,” katanya lagi.

Gubernur menambahkan, jikalau teknologi pelayaran di Bengkulu dimaksimalkan maka sejalan dengan itu Bengkulu dipastikan akan memiliki pelaut dan Anak Buah Kapal (ABK) yang handal, yang mana akan didorong juga untuk masuk dalam bisnis-bisnis pelayaran dan perkapalan.

“Kita juga menginginkan jurusan ekonomi kreatif dan kearifan lokal untuk mengembangkan potensi asli Bengkulu. Kalau ke lima jurusan kelautan dan kemaritiman itu dikembangkan di Provinsi Bengkulu, yang dimulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi, maka ini menjadi sebuah gerakan besar menuju budaya masyarakat maritim. Ketika ini terbentuk, maka inilah yang kita sebut istilah ‘nelayan tersenyum’,” tutup gubernur. (val)

Presiden RI Keluarkan Kebijakan Segera Belanjakan TKDD 2022

Kupas News – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah pimpin penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD)...

Berikut Ini Motor “Offroad” Trail Terbaik Sepanjang 2021

Kupas News – Industri sepeda motor setiap tahunnya selalu mengembangkan berbagai inovasinya. Sudah pasti teknologi dan spesifikasi terkini yang diterapkan pada keluaran terbaru mereka....

Kemenaker RI akan Bangun UPTP di Bengkulu

Kupas News – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI akan membangun Balai Pelatihan Kerja (BLK) Pusat di Bengkulu. Hal ini merupakan program transformasi BLK menjadi Unit...

Polres Bengkulu Tangkap Pelaku Begal yang Terjadi di 3 Titik

Kupas News – Gabungan Opsnal Polres Bengkulu di back up anggota polsek Gading Cempaka dan anggota jatanras Polda Bengkulu melakukan penangkapan pelaku tindak pidana...

YPIB Dorong Integritas Semangat Gotong Royong dan Pendidikan Berkarakter

Kupas News - Revolusi mental merupakan salah satu cara kebijakan Pemerintahan Jokowi-Maaruf dalam mengusung visi besar Indonesia Maju. Melalui Kementerian PMK visi itu diterjemahkan...

Terbaru