Gubernur Rohidin Hadiri Rapat Paripurna HUT Bengkulu Selatan Ke-73

0
205
Rapat Paripurna istimewa HUT Kabupaten Bengkulu Selatan ke-73 di Gedung DPRD Bengkulu Selatan, Foto: Dok
Rapat Paripurna istimewa HUT Kabupaten Bengkulu Selatan ke-73 di Gedung DPRD Bengkulu Selatan, Foto: Dok

Kupas News, Bengkulu Selatan – Di hari jadi Kabupaten Bengkulu Selatan yang ke-73, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah pada rapat paripurna istimewa DPRD Kabupaten Bengkulu Selatan mengemukakan dua momentum penting pada perayaan tersebut.

Kata Gubernur Rohidin, perayaan HUT ini memiliki nilai yang sangat strategis. Kemudian perayaan ini sekaligus menjadi milik seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Bengkulu Selatan.

Lalu, menurutnya, HUT Kabupaten ini sebagai ajang momentum mendengarkan saran dan pandangan dari seluruh masyarakat. Untuk disampaikan secara baik dengan bahasa konstruktif, produktif dan membangun demi kemajuan daerah.

“Jika 2 hal ini kita lakukan secara paralel dan bersinergi, tentu peringatan hari jadi kabupaten seperti ini semakin menambah komitmen yang kuat untuk membangun daerah ini secara bersama-sama,” kata Gubernur Rohidin di Gedung DPRD Kabupaten Bengkulu Selatan, Selasa (08/03).

Pada kesempatan itu, Gubernur Bengkulu juga menekankan terkait dengan pelaksanaan program pembangunan kabupaten. Yaitu tata ruang kabupaten dan kebijakan birokrasi yang sehat dan produktif.

“Jadi tolong pastikan betul terkait pembagian kawasan hutan, kawasan-kawasan produktif, kawasan rencana pengembangan industri dan perumahan. Terkait dengan kebijakan birokrasi yang sehat dan produktif menjadi kunci utama semua kegiatan yang dirancang,” ujarnya.

Lalu Gubernur Rohidin meminta anggota DPRD Kabupaten Bengkulu Selatan untuk sering turun ke desa-desa. Membantu perangkat desa dalam pelaksanaan program pembangunan desa. Kemudian perangkat desa bersama unsur masyarakat diminta Rohidin untuk selalu menjaga kelestarian nilai-nilai budaya dan kearifan lokal.

“Kalau kedua hal ini dilakukan secara baik, maka cukup jelas akan terasa keharmonisan di desa dan kebermanfaatan pembangunan desa,” kata dia.

Sementara, pada kesempatan yang sama, Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi mengatakan pemerintah daerah dan unsur masyarakat menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, ibarat 2 sisi mata uang.

Kata Gusnan, saran dan masukan yang disampaikan masyarakat saat reses anggota dewan menjadi hal yang sangat penting bagi Pemkab Bengkulu Selatan. Begitu juga hal-hal yang disampaikan secara langsung kepada Bupati atau Wakil Bupati.

“Termasuk dukungan dari Forkopimda Kabupaten, yang mengawal pembangunan daerah baik secara yuridis maupun sisi kebermanfaatan,” kata Gusnan Mulyadi.

Pada kesempatan itu Bupati Bengkulu Selatan juga menyampaikan program-program pembangunan kabupaten yang telah dan akan dijalankan. Salah satunya pengembangan publik service center.

Reporter: Elekusman