oleh

Ini Dia Bantuan Pemrov Bengkulu untuk Mukomuko

Gubernur menyerahkan bantuan secara simbolis.
Gubernur menyerahkan bantuan secara simbolis.

kupasbengkulu.com – Gubernur Bengkulu, H Junaidi Hamsyah, S.Ag, M.Pd mengatakan, 10 SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu, menyalurkan bantuan ke warga Kabupaten Mukomuko secara langsung yang bersumber dari dana APBD Provinsi Bengkulu dan Dekon.

Bantuan tersebut, kata JUnaidi, dari Badan Ketahanan Pangan (BKP) Provinsi Bengkulu menyalurkan Bansos sebesar Rp 18 Juta untuk 6 kelompok pekarangan Desa Air Dikit Kecamatan Air Dikit, guna pembelian sarana dan prasarana pendukung, bibit, polybag, bambu dan pupuk.

Ia menambahkan, dari BPTP Provinsi Bengkulu menyerahkan 1 unit KRPL untuk Desa Tirta Mulya Kecamatan Air Manjunto, KBD dan gelar teknologi di Komplek perkantoran Pemerintah Daerah Kabupaten Mukomuko. Tidak ketinggalan, bantuan juga diberikan dari BPP dan PA berupa pelatihan pengolahan cabe vagi kalangan ibu-ibu kelompok perkarangan.

Selain itu, ujar Junaidi, BPBD memberikan tambahan gizi 1.22 peket senilai 108 juta, lauk pauk 870 paket senilai Rp 172 juta dan makanan siap saji 1.020 paket senilai Rp 124 juta. Tidak hanya itu, dari sektor ekonomi Disperindagkop menyalurkan bantuan revitalisasi pasar 3 unit senilai Rp 1,7 miliar di 3 kecamatan.

”Bantuan yang disalurkan dari SKPD Pemerintah Provinsi Bengkulu ke warga secara langsung dari dana APBD dan Dekon. Dengan total dana mencapai Rp 6.271.351.500,” kata Junaidi, saat Kunjungan Kerja Pemanfaatan Lahan Perkarangan di Kabupaten Mukomuko. Rabu (18/6/2014).

Dari Dinas Pertanian (Distan), terang Junaidi, menyalurkan bantuan bibit Mangga 1.445 batang, pupuk NPK 500 Kg, Pupuk organik 4.000 Kg untuk Desa Dusun Baru V Koto Kecamatan Air Dikit. Selain itu, Distan menyerahkan bibit Jeruk Sima Banjar 550 batang. pupuk NPK 90 Kg, pupuk organik 950 Kg untuk 2 Pondok Pesantren di Kecamatan Pondok Suguh.

Bantuan lainnya dari Distan menyalurkan, bantuan bibit Mangga 10 batang, pupuk 7 Kg, dan organik padat 79 Kg untuk 12 Masjid. Pengembangan jaringan irigasi seluas 2.486 Hektare (Ha) di 4 kecamatan, yakni Kecamatan XIV Koto, Lubuk Pinang, Air manjunto, dan Kecamatan Ipuh.

Untuk optimasi lahan seluas 203 Ha, Distan juga diberikan di 5 kecamatan, mulai dari Kecamatan Selagan Raya, Air Manjunto, Lubuk Pinang, Penarik dan Teras Terunjam. Pengembangan irigasi seluas 100 Ha di 3 kecamatan, Air Manjunto, Lubuk Pinang dan XIV Koto. Partisipasif sebanyak 3 paket diperuntukkan 2 kecamatan, 2 paket di Kecamatan XIV Koto dan 1 paket di Kecamatan Ipuh. Bahkan, bantuan dari Distan juga mengembangkan pengelolaan produksi tanaman aneka kacang dan umbi, SLPTT Kedelai diperuntukkan 7 kecamatan, yakni Penarik, XIV Koto, Malin Deman, Teramang Jaya, Air Manjunto, Lubuk Pinang dan Kota Mukomuko
”Rata-rata semua kecamatan di Mukomuko mendapatkan bantuan,” jelas Junaidi.

Junaidi menambahkan, bantuan yang diperruntukkan warga Mukomuko juga diberikan dari Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK), berupa 1 unit pengasapan, Pump Budidaya 5 kelompok, Pump Tangkap 6 kelompok. Tidak hanya itu, terang Junaidi, Bakorlu menyerahkan bantuan diperuntukkan penyuluh kehutanan uang Rp 5 juta. fasilitas penyuluhan pertanian 3 unit, Denfarm padi 5 unit, penyuluh pertanian 25 unit, BOP penyuluhan PNS dan Kontrak.

Bank Indonesia, kata Junaidi, ikut andil memberikan bantuan berupa pupuk organik 7.50 Kg senilai Rp 15 juta. Dinas Perternakan memberikan bantuan pencapaian swasembada daging sapi dan penyediaan pangan hewan sehat sebesar Rp 1.296 Miliar untuk 4 kecamatan, yaitu Penarik Sungai Rumbai, V Koto dan Kecamatan Kota Mukomuko. Bantuan lainnya, berupa program peningkatam nilai tambah, daya saing industri hilir, pemasaran dan ekspor hasil pertanian sebesar Rp 425 Juta.

”Penyaluran bantuan tidak hanya untuk meningkatkan disektor pertanian, melainkan disektor perternakan juga terus ditingkatkan,” pungkas Junaidi.(gie)

Rekomendasi