oleh

Ini Makanan yang Memiliki Komposisi Serat Bagi Pencernaan

Makanan berserat

kupasbengkulu.com, Kesehatan – Pernah dengar iklan “serat saja tidak cukup!” ? Jika pernah dengar iklan ini, mari kita cari tahu apa yang benar untuk melengkapi serat tersebut.

Serat adalah komposisi yang terdapat dalam sayur, buah dan daging. Serat yang sering kita maksud untuk membantu pencernaan ini umumnya berasal dari serat sayur dan buah-buahan.

Serat bekerja membantu proses pencernaan dengan cara menyerap air lebih banyak, sehingga hasil dari proses pencernaan yang diharapkan konsistensinya lebih lembut dan mudah untuk dikeluarkan.

Konsistensi dari Buang Air Besar (BAB) yang keras dapat menyebabkan hemorroids. Hal ini dijelaskan, BAB yang keras dapat melukai permukaan saluran keluar dari BAB.

Perlukaan yang terluka tadi, mempengaruhi pelebaran pada pembuluh darah, baik yang di dalam rektum atau yang di permukaan anus.

Mengingat penting untuk konsistensi BAB dan lancar pembuangan, konsumsi serat yang tinggi sudah mulai menjadi kebiasaan masyarakat pada umumnya.

Hanya saja yang kurang diketahui, konsumsi serat yang tinggi haruslah diikuti dengan kebiasaan konsumsi minum air yang tinggi. Jadi gak harus minum obat pelancar pencernaan kan?(tari)

Rekomendasi