Jumat, Desember 2, 2022

JKN Provinsi Bengkulu Ditargetkan Penuhi UHC di Tahun 2024

Baca selanjutnya

Kupas News – Pembangunan kesehatan menjadi tolak ukur fokus utama pemerintah, baik pusat maupun daerah. Salah satu program pemerintah mendorong upaya itu adalah melalui Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Dimana memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan dengan sistem gotong royong dan subsidi.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat hadir dan pimpin Rapat Koordinasi bersama BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dan Bengkulu tentang Optimalisasi Program JKN, di Ruang Rapat Gedung Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu, Selasa (21/12).

Saat ini cakupan kepesertaan JKN Provinsi Bengkulu hingga per November 2021 berada pada angka 80,62 persen dari total penduduk 2.032.767 jiwa. Namun demikian, untuk mencapai target Universal Health Coverage (UHC) 98 persen di tahun 2024, Pemprov Bengkulu akan terus melakukan optimalisasi bersama Pemda kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu.

“Jadi Pemprov Bengkulu melalui Dinas Kesehatan akan terus meningkatkan capaian UHC itu. Nanti dari 9 kabupaten kota yang masih di bawah rata-rata, bisa untuk dimaksimalkan cakupan kepesertaan JKN-nya, baik melalui sosialisasi ke pihak swasta atau perusahaan maupun dianggarkan dalam APBD,” jelas Gubernur Bengkulu ke-10 ini.

Apresiasi disampaikan Deputi Direksi Wilayah Sumsel Kepulauan Babel dan Bengkulu BPJS Kesehatan Siti Farida Hanoum kepada Gubernur Bengkulu dan jajaran Pemprov Bengkulu atas komitmen pencapaian UHC, baik dari sisi pembiayaan maupun sosialisasi kepada pihak perusahaan.

“Komitmen Pak Gubernur sangat baik dengan meningkatkan cakupan dan pengembangan kepesertaan BPJS Kesehatan bagi masyarakat melalui Program Bengkulu Sehat. Dan juga untuk pekerjaan penerima upah di perusahaan juga harus tertib mendaftar pegawainya,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan Penandatanganan Nota Kesepakatan dan Rencana Kerja Tahun 2022 antara BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Sumsel Kepulauan Babel dan Bengkulu dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu terkait Optimalisasi Program JKN.

Serta penyerahan Piagam Penghargaan kepada Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah sebagai kepala daerah yang mendukung terlaksananya Program JKN-KIS secara baik di daerah.

Editor: Riki Susanto

JMSI Tetapkan Tiga Pemenang Lomba Video Pendek Wisata Bengkulu

Kupas News, Kota Bengkulu – Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Bengkulu berkerjasama dengan BDF Creator menggelar lomba video pendek dalam rangka menyemarakan HUT Provinsi...

LIRA Bengkulu Surati Komisi I Panggil Manajemen PT. Pamor Ganda

Kupas News, Kota Bengkulu  – PT. Pamor Ganda hingga saat ini belum merealisasikan 6 poin kesepakatan atas pemenuhan tuntutan 3 desa penyangga. Kesepakatan ini...

Dua Pengedar Ganja Asal Kota Bengkulu Diringkus Polisi

Kupas News, Kota Bengkulu – Subdit I ditresnarkoba polda Bengkulu berhasil meringkus dua orang pengedar narkoba jenis ganja dengan barang bukti 10 paket ganja...

Petugas Damkar Berhasil Jinakan Api yang Melahap Tiga Ruko di Tanah Patah

Petugas pemadam kebakaran saat memadamkan api di Tanah Patah Kota Bengkulu, Kamis, 1 Desember 2022, Foto: Dok/Irfan Arief Kupas News, Kota Bengkulu - Peristiwa kebakaran...

Modus Politik Uang Melalui Dompet Digital pada Pemilu 2024

Oleh : Elfahmi Lubis* Ditengah persiapan teknis menyongsong pelaksanaan Pemilu 2024, berbagai potensi kerawanan tengah diidentifikasi. Dengan harapan berbagai bentuk kecurangan pada Pemilu sebelumnya bisa...
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Terbaru