Senin, Januari 17, 2022

JKN Provinsi Bengkulu Ditargetkan Penuhi UHC di Tahun 2024

Baca selanjutnya

Kupas News – Pembangunan kesehatan menjadi tolak ukur fokus utama pemerintah, baik pusat maupun daerah. Salah satu program pemerintah mendorong upaya itu adalah melalui Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Dimana memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan dengan sistem gotong royong dan subsidi.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat hadir dan pimpin Rapat Koordinasi bersama BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dan Bengkulu tentang Optimalisasi Program JKN, di Ruang Rapat Gedung Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu, Selasa (21/12).

Saat ini cakupan kepesertaan JKN Provinsi Bengkulu hingga per November 2021 berada pada angka 80,62 persen dari total penduduk 2.032.767 jiwa. Namun demikian, untuk mencapai target Universal Health Coverage (UHC) 98 persen di tahun 2024, Pemprov Bengkulu akan terus melakukan optimalisasi bersama Pemda kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu.

“Jadi Pemprov Bengkulu melalui Dinas Kesehatan akan terus meningkatkan capaian UHC itu. Nanti dari 9 kabupaten kota yang masih di bawah rata-rata, bisa untuk dimaksimalkan cakupan kepesertaan JKN-nya, baik melalui sosialisasi ke pihak swasta atau perusahaan maupun dianggarkan dalam APBD,” jelas Gubernur Bengkulu ke-10 ini.

Apresiasi disampaikan Deputi Direksi Wilayah Sumsel Kepulauan Babel dan Bengkulu BPJS Kesehatan Siti Farida Hanoum kepada Gubernur Bengkulu dan jajaran Pemprov Bengkulu atas komitmen pencapaian UHC, baik dari sisi pembiayaan maupun sosialisasi kepada pihak perusahaan.

“Komitmen Pak Gubernur sangat baik dengan meningkatkan cakupan dan pengembangan kepesertaan BPJS Kesehatan bagi masyarakat melalui Program Bengkulu Sehat. Dan juga untuk pekerjaan penerima upah di perusahaan juga harus tertib mendaftar pegawainya,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan Penandatanganan Nota Kesepakatan dan Rencana Kerja Tahun 2022 antara BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Sumsel Kepulauan Babel dan Bengkulu dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu terkait Optimalisasi Program JKN.

Serta penyerahan Piagam Penghargaan kepada Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah sebagai kepala daerah yang mendukung terlaksananya Program JKN-KIS secara baik di daerah.

Editor: Riki Susanto

- Advertisement -

Pemprov Undi Nomor Area Tanggungjawab OPD di Kawasan Pantai Panjang

Kupas News – Dipimpin Sekda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri, Tim 13 Pengelolaan Pantai Panjang Pemprov Bengkulu, lakukan sidak (pemantauan langsung) terhadap kebersihan, ketertiban penempatan...

Ridho Rahmadi Ingatkan Siswa MTs Roudlotur Rosmani Lebih Produktif

Kupas News – Dalam kunjungan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Ummat Ridho Rahmadi di MTs Roudlotur Rosmani, Kamis (13/1) mengingatkan anak-anak muda...

Jelang HPL Terbit, Pemprov Bentuk Tim 13 Atasi Pengelolaan Pantai Panjang

Kupas News – Pasca pelaksanaan gerakan bersih Pantai Panjang Bengkulu bersama Forkopimda dan organisasi masyarakat peduli kebersihan pantai, Pemprov Bengkulu kian memantapkan langkahnya kelola...

Gubernur Rohidin Kunjungi Universitas Al Azhar Indonesia Bahas Kerja Sama

Kupas News – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah melakukan silaturahmi ke Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) di Jakarta. Berbagai hal dibahas dalam lawatannya pada Kamis...

Grand Opening Kafe Harsa Eat Terobosan Menu Andalan Unik di Bengkulu

Kupas News – Sebagian besar pelaku usaha kafe berlomba-lomba mengkreasikan desain tempat usahanya untuk menarik pelanggan. Terutama bereksperimen dalam sajian menu hidangan kemudian persaingan...

Terbaru