Sabtu, Mei 18, 2024

Kasus Ganja Masih Pekerjaan Rumah Polres Rejang Lebong

ganja 1

rejang lebong, kupasbengkulu.com – Sepanjang tahun 2014, kasus penyalahgunaan narkotika di Rejang Lebong mencapai 37 kasus. Dari angka tersebut, hampir 90 persennya, atau sekitar 29 kasus adalah kasus ganja. Sisanya, adalah kasus sabu-sabu.

Dikaitkan dengan penemuan ladang ganja di wilayah Bukit Penimbun, Kota Padang, Kabupaten Rejang Lebong berpotensi untuk dijadikan pusat peredaran ganja. Hal ini berbahaya, karena bisa merusak generasi penerus di Rejang Lebong.

Data yang mengejutkan selanjutnya, terkait kasus Narkotika ialah adanya dua orang dari total 45 pelaku yang tertangkap merupakan perempuan. Hal ini menegaskan bahwa perempuan juga bisa terlibat dalam kasus daun “surga” ini.

Selain itu, yang lebih memprihatinkan adalah banyaknya remaja yang tertangkap sebagai pengguna atau malah penyalur ganja. Sebagian besar dari mereka malahan masih berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa. Lebih parahnya lagi, masih ada 6 pelaku yang tercatat dibawah umur, atau masih anak-anak.

Menanggapi hal tersebut, Kapolres Rejang Lebong, AKBP Dirmanto menegaskan bahwa hal ini perlu perhatian dari seluruh lapisan masyarakat, Pemerintah dan aparat. Harus ada kerja sama yang baik, terkoordinasi dengan baik juga pencegahan bersifat persuasif agar ganja tidak terus menerus menjadi masalah yang mengakar di Rejang Lebong.

“Kita akui bahwa kasus ganja dan narkotika masih cukup tinggi, kita akan membenahinya pada 2015, tentu dengan kerja sama dari seluruh lapisan masyarakat,” demikian Dirmanto.(vai)

Related

Perayaan HUT Rejang Lebong ke-143 Diakhiri Prosesi Adat Pancung Tebu

Kupas News, Rejang Lebong - Prosesi adat Pancung Tebu...

Hari Pertama Kerja, Gubernur Rohidin Berkantor di Rejang Lebong

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat memberikan arahan kepada pegawai...

Polisi Tangkap Pria 43 Tahun Kasus Percobaan Pemerkosaan

Kupas News, Rejang Lebong - Aparat kepolisian berhasil mengamankan...

Patroli Presisi Polres Rejang Lebong Sisir Kawasan Rawan Kiriminalitas

Kupas News, Rejang Lebong – Team Patroli Motor Presisi...

Pemkab Rejang Lebong Hibah Lahan untuk Pembangunan RS Bhayangkara

Kapolda Bengkulu Irjen Pol Agung saat melakukan penandatangan penyerahan...