Senin, Agustus 15, 2022

Masuk 50 Besar ADWI 2022, Kadis Pariwisata Optimis Desa Blitar Seberang Menang

Baca selanjutnya

Kupas News, Bengkulu – Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 baru saja mengumumkan Desa Blitar Seberang, Rejang Lebong masuk dalam 50 besar nominasi desa wisata terbaik di Indonesia. Selangkah lagi ajang yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu akan menentukan pemenang, Sabtu, (30/04)

Pengumuman itu disambut baik Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Saidirman yang langsung meminta doa dan dukungan dari seluruh warga Bengkulu dimana pun berada. Ia merasa bersyukur akhirnya salah satu desa wisata andalan Bengkulu mampu menembus 50 besar.

“Target 50 besar merupakan pencapaian yang luar biasa. Ada 3.419 desa dari 34 provinsi yang ikut berkompetisi yang kemudian dikuarsi menjadi 500 desa, 300 desa hingga masuk dalam 50 nominasi desa wisata terbaik dan alhamdulilah perwakilan kita Desa Blitar Seberang adalah salah satunya. Dukungan dari masyarakat tentunya sangat kami harapkan,” kata Saidirman.

Kepala Dinas yang baru saja dilantik ini optimis Desa Blitar Seberang mampu keluar sebagai pemenang. Keunikan, kelengkapan fasilitas, dan daya dukung sumber daya manusia yang terdapat di desa yang terletak di Rejang Lebong ini mampu menjadi magnet tersendiri bagi dewan juri.

“Kami optimis Desa Blitar Seberang mampu unggul dari desa-desa wisata lainnya di Indonesia. Desa ini memiliki kelengkapan wisata yang komplit ada canyoning,  glumping, air terjun hingga wisata tradisional warga setempat. Didukung pula dengan fasilitas yang lengkap seperti Homestay, Mushola, area parkir, toilet dan fasilitas umum. Kami sangat optimis,” ujar Saidirman.

Lanjut Saidirman, ada 7 kriteria penilian yang akan dilakukan tim juri dari Kemenparekraf yaitu daya tarik pengunjung, souvenir, CHSE, homestay, toilet umum, digital dan kreatif. Ketujuh kriteria ini akan menjadi penentu pemenang ADWI 2022.

“Ada banyak kriteria yang mana di situ masyarakat juga bisa jadi penentu dengan cara berkunjung langsung ke Desa Blitar seberang. Informasi yang kami terima Pak Menteri Sandiaga Uno akan mengunjungi langsung 50 desa yang masuk nominasi. Tentu ini sinyal baik untuk terus mempromosikan desa-desa wisata kita yang lain,” jelas Saidirman.

Anugerah Desa Wisata Indonesia merupakan program unggulan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang bertujuan untuk mengembangkan desa wisata guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat. Ajang ini juga ditujukan untuk menggali potensi desa wisata yang ada di seluruh Indonesia.

Menteri Parkeraf, Sandiaga Uno dalam video pengumuman nominasi 50 desa wisata terbaik mengatakan, ADWI merupakan ajang apresiasi kepada masyarakat penggerak sektor pariwisata dalam upaya percepatan pembangunan desa, mendorong transformasi sosial, budaya, dan ekonomi desa

“Kepada seluruh desa wisata yang belum lolos 50 desa wisata terbaik ADWI 2022 tetap terus tingkatkan Inovasi, adaptasi, dan kolaborasi melalui pengisian data desa wisata di website Jadesta sebagai wadah dan arah Kemenparekraf dalam penyusunan rencana pengembangan desa-desa wisata di seluruh Indonesia. Ayo bersama-sama kita wujudkan desa wisata berkelas dunia, berdaya saing global dan berkelanjutan, untuk Indonesia Bangkit,” kata Sandiaga Uno.

Editor: Riki Susanto

Kanwil Kemenkumham Bengkulu Sosialisasikan Kekayaan Intelektual Manusia

Kupas News, Bengkulu – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham) Provinsi Bengkulu Erfan mengatakan, kekayaan intelektual adalah hak yang...

54 Paskibraka Bengkulu Siap Kibarkan Merah Putih 17 Agustus Besok

Kupas News, Bengkulu – Setelah melalui seleksi dan pemusatan latihan, sebanyak 54 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Bengkulu Tahun 2022 dikukuhkan Gubernur Rohidin...

Garda Rafflesia Minta APH Usut Proses Lelang Puskesmas Pondok Suguh

Kupas News, Bengkulu – Proses lelang Renovasi-Penambahan Ruang Persalinan Puskesmas Pondok Suguh Tahun 2022 di Dinas Kesehatan Mukomuko turut menjadi perhatian aktivis lembaga swadaya...

Polisi Temukan 24 Paket Ganja Dikontrakan Warga Kebun Ros

Kupas News, Kota Bengkulu - Prestasi ditorehkan kembali oleh Ditresnarkoba Polda Bengkulu yang berhasil mengungkap penyalahgunaan Narkoba dengan menangkap seorang tersangka berinisial MO (37)...

Kejuaraan Tenis Meja Bengkulu Resmi Ditutup

Kupas News, Bengkulu - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah secara resmi menutup Kejuaraan Tingkat Provinsi Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Tahun 2022 sekaligus menyerahkan...

Terbaru