oleh

Petani Mengeluhkan Pupuk Langka di Seluma

kupasben

Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

gkulu.com – Ribuan petani di Kabupaten Seluma mengeluhkan langkanya pupuk subsidi ataupun pupuk nonsubsidi di daerah itu.

“Kalau kios pupuk banyak tapi pupuknya sudah habis kemaren saya mencari pupuk sampai ke Kecamatan Sukaraja, seharusnya saat ini sawah saya dan petani lainnya sudah harus dipupuk,”Kata Salah Seorang Petani Desa Tanjungan, Kecamatan Seluma Selatan Suhirman (36) Minggu (22/06/2014).

Dijelaskannya kelangkaan pupuk disebabkan dialihkannya pasokan pupuk yang seharusnya untuk persawahan dialihkan ke perkebunan.

“Kalau saya perhatikan penyebab utama kita kekurangan pupuk karena pihak kios mengalihkan fungsi pupuk ke perkabunan padahal itu pasokan pupuk yang disiapkan untuk persawahan,”jelasnya.

Terpisah Kepala Bidang Pertanian Dinas Pertanian kabupaten Seluma Ir.Midi Harmanto mengungkapkan kurangnya pengawasan dari Dinas Pertanian kabupaten Seluma.

“Ya memang kita akui kita kurang pengawasan sebenarnya itu pupuk untuk persawahan kalau untuk perkebunan lain lagi pupuknya, kita ini pasokan pupuk itu disesuaikan dengan usulan petani,ada peraturan gubernur yang turun ke masing-masing kabupaten sesudah itu ada peraturan bupati turun ke masing-masing kecamatan, semuanya sudah jelas kalau memang seperti ini, kedepannya kita akan memantau proses penyaluran pupuk sampai ke petani,”tandasnya.(cr9)

Rekomendasi