Beranda DAERAH Rejang Lebong Pleno KPU Lebong Diwarnai Protes

Pleno KPU Lebong Diwarnai Protes

0

Pleno KPU Lebong

kupasbengkulu.com – Setelah mengalami penundaan selama sehari, akhirnya rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong yang bertempat di gedung aula KPU Tubei kembali dilanjutkan hari ini.

Rapat pleno yang diselenggarakan sejak Sabtu (19/4/2014) telah menyelesaikan rekapitulasi untuk DPD dan DPR RI. Untuk hari ini agenda KPU akan melakukan rekapitulasi untuk DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten.

Saat pleno rekapitulasi suara tingkat DPRD Provinsi dimulai, seorang saksi parpol yang diketahui bernama Lovi Irawan dari Partai Golongan Karya (Golkar) melayangkan protes. Ia mempertanyakan selisih sekitar 50 suara antara jumlah Daftar Pemilih Khusus Tambahan (DPKTb) dengan jumlah pemilih yang menggunakan hak pilih dan tidak menggunakan hak pilih di wilayah Padang Bano.

Adanya kejanggalan yang ia temukan, kemudian ia menuntut untuk kembali membuka c1 hologram. Namun sayangnya tuntutan tersebut tidak dipenuhi oleh pihak KPU. “Saya meminta lembar C1 hologram untuk kembali dibuka, namun hal tersebut tidak diindahkan oleh pihak penyelenggara,” tegas Lovi.

Untuk diketahui, daerah Padang Bano memang rawan konflik dan berpotensi adanya kecurangan. “Dari awal kita sudah mewanti-wanti bahwa pemilihan di daerah Padang Bano ini rawan akan kecurangan, dan itu memang terjadi,” lanjut Lovi lagi.

Hingga pukul 17:00 WIB tadi, rapat pleno rekapitulasi KPU masih berlangsung dan akan diselesaikan pada malam ini juga. (spi)