Selasa, Mei 28, 2024

Caleg PBB dan PKPI Terancam Tak Dilantik

pemilui

kupasbengkulu.com – Lantaran tidak menyerahkan laporan dana kampanye hingga batas akhir penyerahan laporan ke KPU Rejang Lebong pada Kamis (24/4/2014). Dua partai politik peserta pemilu Rejang Lebong yaitu Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) terancam didiskualifikasi.

Dikonfirmasi, Komisioner Divisi Hukum KPU Rejang Lebong, Halid Saifullah, mengatakan, 10 partai politik yang telah menyerahkan laporan dana kampanye ialah NasDem, PKB, PKS, PDI P, Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, PPP dan Hanura. sementara 2 partai selanjutnya yaitu PBB dan PKPI diketahui belum menyerahkan laporan dana Kampanye.

“Iya sesuai undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Pemilu DPR dan DPRD dan DPD RI, apabila hingga batas waktu yang telah ditentukan dan peserta pemilu tidak menyerahkan laporan dana kampanye, maka akan diberikan sanksi berupa diskualifikasi, termasuk jika ada caleg yang didalamnya lolos dalam pemilu, maka akan ikut gugur, tapi untuk partai PKPI dan PBB ini, memang calegnya diketahui kalah dalam perolehan suara untuk meraih kursi di DPRD RL,” kata Halid.

Dipaparkan Halid, untuk laporan dana kampanye ini seluruhnya ada 3 tapap, yaitu dimulai dari penetakan parpol tersebut jadi peserta kampanye sampai usai kampanye. Untuk tahap 1 dan 2, parpol harus menyerahkan DK (dokumen) 1-13 kecuali DK 10. Untuk DK 10 baru diserakan pada tahap tiga.

“DK 10 ini berupa penyerahan laporan keseluruhan dana kampanye,dan itulah yang belum diserahkan oleh partai PBB dan PKPI,” imbuhnya. (one)

Related

Perayaan HUT Rejang Lebong ke-143 Diakhiri Prosesi Adat Pancung Tebu

Kupas News, Rejang Lebong - Prosesi adat Pancung Tebu...

Hari Pertama Kerja, Gubernur Rohidin Berkantor di Rejang Lebong

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat memberikan arahan kepada pegawai...

Polisi Tangkap Pria 43 Tahun Kasus Percobaan Pemerkosaan

Kupas News, Rejang Lebong - Aparat kepolisian berhasil mengamankan...

Patroli Presisi Polres Rejang Lebong Sisir Kawasan Rawan Kiriminalitas

Kupas News, Rejang Lebong – Team Patroli Motor Presisi...

Pemkab Rejang Lebong Hibah Lahan untuk Pembangunan RS Bhayangkara

Kapolda Bengkulu Irjen Pol Agung saat melakukan penandatangan penyerahan...