oleh

Demi Cita-cita, Rudi Mengembala Sapi

-IPTEK-17 views
Rudi Hartono, Mahasiswa Peternakan, UNIB
Rudi Hartono, Mahasiswa Peternakan, UNIB

kupasbengkulu.com- Angon atau menggembala adalah istilah yang akrab di dunia peternakan, khusunya untuk hewan ternak memamah biak (ruminansia), seperti sapi, kerbau, kambing, dan domba.

Siapa pun yang memelihara ruminansia sangat dianjurkan untuk melakukan kegiatan yang satu ini, karena merupakan salah satu upaya untuk mencukupi nutrisi yang membantu pertumbuhan dan perkembangan ruminansia.

“Sapi yang diangon atau digembalakan akan lebih leluasa memilih dan memakan tumbuh-tumbuhan yang beraneka ragam. Nutrisi dari hijauan yang beraneka ragam itu sangat bagus untuk perkembangannya,” ujar Rudi Hartono.

Rudi adalah salah seorang mahasiswa jurusan peternakan semester VI di Universitas Bengkulu yang sehari-hari bertanggung jawab menggembala sapi-sapi milik jurusan peternakan.

Sapi seluruhnya berjumlah 16 ekor, jenis sapi Bali dan peranakan ongole (PO), hasil sumbangan dari rektorat sebanyak 10 ekor dan sisanya milik laboratorium peternakan.

“Melepaskan sapi untuk digembalakan itu tidak boleh terlalu pagi, karena rumput dan hijauan banyak mengandung air (embun). Efek embun yang dimakan akan berpengaruh pada lambung (rumen) sapi berupa penumpukan gas (bloat), kami sering menyebutnya dengan istilah ‘masuk angin’. Kami biasa melepaskannya mulai jam 10 pagi,” tambahnya.

Lanjut Rudi, perkembangbiakan untuk sapi-sapi ini masih menggunakan metode alami atau konvensional, belum menggunakan metode inseminasi buatan.

Sapi mulai memasuki masa produktif di usia dua tahun, dan akan menurun produktivitasnya pada usia 8 – 9 tahun. Namun masa produktif juga bisa dipengaruhi oleh perawatan, jumlah dan kualitas pakan, serta faktor penyakit.

Penyakit yang rentan menyerang sapi adalah kembung (bloat), cacingan, dan virus anthrax. Jika ada sapi-sapinya yang sakit, Rudi segera melaporkan ke dokter hewan, drh. Tatik Suteki yang memang berwenang menaggulangi penyakit pada hewan-hewan ternak milik jurusan peternakan Universitas Bengkulu.(cr2)

Rekomendasi