Rabu, Agustus 17, 2022

Kelola Dana BOS Secara Produktif, SMKN 3 Benteng Terima Seragam Gratis

Baca selanjutnya

Kupas News – Sebanyak 47 orang siswa-siswi kelas 10 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN 3) Bengkulu Tengah, Jumat pagi (29/10) menerima bantuan baju seragam sekolah gratis.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah hadir langsung menyerahkan bantuan tersebut. Selain seragam sekolah, SMKN 3 juga memberikan bibit pohon Pinang Wangi kepada para orang tua siswa yang turut hadir pada acara ini.

Pinang Wangi merupakan produk usaha unggulan dari sekolah yang terletak di desa Talang Tengah Kecamatan Pondok Kubang. Selain dari dana BOS, biaya operasional sekolah didapat dari hasil usaha tersebut.

Gubernur Rohidin mengapresiasi kemampuan pihak sekolah mengelola dana BOS secara produktif sehingga mampu menyelenggarakan pendidikan gratis bagi para siswa-siswinya.

“Saya sangat mengapresiasi. Program yang kita canangkan terkait sekolah gratis ternyata bisa diterapkan di sini. Bahkan bukan hanya biaya sekolah tapi juga memberikan seragam gratis bagi anak didik baru,” ujarnya.

Mendukung semangat ini, gubernur meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi Bengkulu membantu pembangunan sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Salah satunya pembangunan pagar sesuai permintaan pihak sekolah agar area kebun pembibitan Pinang Wanginya tidak diganggu hewan ternak.

Dijelaskan Kepala Sekolah SMKN 3 Benteng Afrijoni, bantuan dan dukungan dari pemerintah sangat dibutuhkan karena sekolah tidak ada pungutan komite.

“Kalau untuk kesejahteraan guru kita perjuangkan dari usaha. Namun untuk pembangunan kami butuh bantuan dari pemerintah,” tuturnya.

Lanjut Afrijoni, sekolah yang dipimpinnya mulai menggratiskan biaya kepada para siswa sejak 2 tahun yang lalu. Langkah ini diambil guna meningkatkan jumlah peserta didik yang tiap tahun tak mengalami perkembangan. Selain itu banyak  para siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Saat ini SMKN 3 Benteng membuka 4 jurusan. Di antaranya, Agribisnis Ternak Unggas, Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura, Akuntansi dan Multimedia.

Meski gratis Afrijoni menjamin SMKN 3 Benteng memberikan pendidikan yang berkualitas. Terbukti banyak lulusan sekolah ini telah berhasil membuka usaha sendiri atau melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Editor: Fredy Watania

Harga Sawit Merangkak Naik, Cangkang Sawit Jadi Nilai Tambah

Kupas News, Bengkulu – Harga Tandan Buah Segar (TBS) di Provinsi Bengkulu ditetapkan terendah Rp1.511 dan Harga Tertinggi Rp2.020 per Kg dengan toleransi harga...

Keluarga Korban Sodomi Polisikan Oknum Pensiunan ASN

Kupas News, Rejang Lebong – Unit Reskrim Polsek Bermani Ulu Polres Rejang Lebong menangkap seorang oknum pensiunan Aparatur Sipil Negera (ASN) di Kabupaten Rejang...

Kanwil Kemenkumham Bengkulu Sosialisasikan Kekayaan Intelektual Manusia

Kupas News, Bengkulu – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham) Provinsi Bengkulu Erfan mengatakan, kekayaan intelektual adalah hak yang...

54 Paskibraka Bengkulu Siap Kibarkan Merah Putih 17 Agustus Besok

Kupas News, Bengkulu – Setelah melalui seleksi dan pemusatan latihan, sebanyak 54 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Bengkulu Tahun 2022 dikukuhkan Gubernur Rohidin...

Garda Rafflesia Minta APH Usut Proses Lelang Puskesmas Pondok Suguh

Kupas News, Bengkulu – Proses lelang Renovasi-Penambahan Ruang Persalinan Puskesmas Pondok Suguh Tahun 2022 di Dinas Kesehatan Mukomuko turut menjadi perhatian aktivis lembaga swadaya...

Terbaru