Senin, Agustus 15, 2022

Kemenpan RB Apresiasi Program-Program Unggulan Pemkot Bengkulu

Baca selanjutnya

Kupas News – Pelayanan prima sekaligus program-program unggulan yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu untuk masyarakat mendapatkan nilai tambah dan apresiasi dari Kemenpan RB.

Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan, Kebijakan, dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah I Kementerian PANRB Jeffrey Erlan Muller saat melakukan rapat evaluasi bersama Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi, Sekda Arif Gunadi, Asisten III M Husni dan beberapa Kepala OPD terkait di ruang kerja Wawali, Rabu (22/9).

Jeffrey mengaku senang Pemerintah Kota/Daerah, Provinsi terus berkembang dan selalu menyuguhkan berbagai inovasi dalam menyejahterakan masyarakat.

“Kami sangat mengapresiasi inovasi yang telah diberikan Pemkot. Seperti yang ada di Disdukcapil, mereka menjabarkan bahwa ada program Sistem Layanan Administrasi Warga Elektronik (SLAWE), 6 in 1 sukacita hingga 3 ini 1 dukacita, inovasi seperti inilah yang diinginkan masyarakat dalam keadaan apapun. Harapan kami inovasi ini dapat di support oleh pihak lain, karena kreativitas memang perlu dikembangkan,” ungkap Jeffrey.

Jeffrey bersama rombongan diantaranya Taufiq Hidayanto Setiawan (Analis Kebijakan Madya), Sri Susanti (Analis Pengelolaan Keuangan), Nanang Khoiruddin (Analis Kebijakan Pertama) juga membeberkan maksud dan tujuannya datang ke Kota Bengkulu.

“Kehadiran kita ialah melakukan evaluasi pelayanan publik. Evaluasi ini ialah salah satu program dari kementerian untuk melihat kinerja dari pelayanan di pemerintah daerah kota, kabupaten provinsi, dan lembaga lainnya,” jelasnya.

Ada beberapa OPD yang akan dilihat kualitas pelayanannya karena akan dijadikan contoh atau role model untuk yang lainnya.

“OPD yang kita pilih ialah rumah sakit umum daerah, DPMPTSP dan Disdukcapil. Kenapa itu yang jadi utama? Karena pelayanan di tempat mereka akan menjadi role model untuk yang lainnya. Karena itu layanan dasar yang dibutuhkan oleh warga,” tambahnya.

Untuk itu, Jeffrey ingin pelayanan tersebut dikembangkan agar masyarakat merasa sejahtera.

“Pelayanan publik harus mudah, murah cepat. Hal inilah yang harus dikembangkan untuk menunjukkan eksistensi adanya inovasi pelayanan untuk masyarakat dan benar-benar dirasakan kehadirannya,” tuturnya.

Ia juga mengatakan, kalau pelayanan sudah mudah, murah dan cepat tentu akan ada peluang masuknya investasi ke Kota Bengkulu lebih mudah.

“Investasi akan mudah datang di kota ini, artinya kesempatan lapangan kerja akan meningkat, dan kemudian mendatangkan kebahagiaan untuk masyarakat,” ucapnya.

Terakhir, Jeffrey mengungkapkan sebuah inovasi yang bermanfaat dan sebagai tolok ukur dan penilaian kesuksesan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan untuk masyarakat.

Sebelumnya, Wawali Dedy menjabarkan bahwa Pemkot Bengkulu memiliki berbagai inovasi dalam hal pelayanan.

“Selain program SLAWE, kita memiliki program 3 in 1 duka cita, program ini dilakukan untuk menghibur masyarakat dalam keadaan duka dengan melakukan takziah di malam ke-3 dan langsung memberikan akta kematian dan dokumen lainnya. Begitu juga sebaliknya, program 6 in 1 ini ialah memberikan 6 dokumen adminduk kepada warga yang menikah, jadi mereka tak perlu repot-repot lagi untuk ke Disdukcapil. Tak hanya itu, kita juga ada KTP antar alamat untuk warga yang genap umur 17 tahun, bahkan ada suprise kue dan kado lainnya,” jelas Dedy.

Apabila berbicara soal kebahagiaan, Dedy juga mengatakan baru-baru ini Pemkot telah meluncurkan program HD Bersalin untuk membantu masyarakat yang tak mampu.

“Ada inovasi terbaru kita, jadi tak perlu mereka binggung mencari biaya bersalin. Semuannya gratis, dan apabila mereka hendak membayar hanya sebesar Rp 2 ribu saja,” pungkasnya. (Rilis/Mc)

Editor: Mahmud Yunus

Kejuaraan Tenis Meja Bengkulu Resmi Ditutup

Kupas News, Bengkulu - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah secara resmi menutup Kejuaraan Tingkat Provinsi Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Tahun 2022 sekaligus menyerahkan...

Sambut HUT Pramuka Ke 61, Kwarda Bengkulu Ziarah ke Makam Pahlawan

Kupas News, Bengkulu - Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bengkulu Hamka Sabri memimpin upacara Ziarah Makam Pahlawan dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan...

Dua Remaja Kantongi Sabu Diamankan Polres Bengkulu

Kupas News, Bengkulu - Tindak lanjut hasil penyelidikan Tim Opsnal yang diturunkan setelah menerima informasi warga, Kasat Resnarkoba IPTU E.H Purba dan KBO Satresnarkoba...

Tega, Anak Kandung Jadi Sasaran Sahwat setelah Ditinggal Sang Istri

Kupas News, Rejang Lebong - Seorang oknum Khatib Masjid berinisial MR (43) warga Kabupaten Rejang Lebong (RL) ditangkap personil Polsek Bermani Ulu Polres RL...

Irjen Ferdy Sambo Diperiksa Timsus Polri Sebagai Tersangka

Kupas News, Jakarta - Penyidik tim khusus Polri melakukan pemeriksaan perdana terhadap Irjen Ferdy Sambo di Mako Brimob sebagai tersangka kasus dugaan pembunuhan Brigadir...

Terbaru