Sabtu, Mei 18, 2024

Kios Pupuk Subsidi Tak Bermodal Dipangkas Dinas

Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

Bengkulu Selatan, kupasbengkulu.com – Dinas Pertanian Bengkulu Selatan menepati janjinya untuk mengurangi jumlah kios pupuk. Setelah dikaji dan hasil survey hanya 47 kios pupukl agi yang masih layak operasi dari sebanyak 55 kios pupuk yang ada selama ini.

Kepla Dinas Pertanian Wika Gatot Subroto, melalui kasi Pengolahan Lahan dan Air Novi Helmen mengatakan, pemangkasan beberapa kios pupuk itu disebabkan ada beberapa factor. Diantaranya kata dia, ada diantara kios pupuk tersebut yang tidak mempunyai modal sama sekali, sehingga modal untuk menebus pupuk ke pihak distributor hanya mengandalkan uang setoran dari petani melalui kelompok tani saja. Sehingga kios tersebut kalau petani tidak setor uang maka stok pupuk digudang kios itu kosong, dan mengakibatkan kios tersebut tidk aktif, kata Novi.

(Baca juga: Menyusur Jejak Kelangkaan Pupuk Subsidi di Bengkulu)

Selain itu juga lanjut dia, pengurangan kios yang di anggap tidak aktif akibat kurangnya kemampuan modal untuk menebus pupuk. Juga untuk mengatasi kelangkaan pupuk akibat permainan pemilik kios.

“Sebenarnya pupuk di Bengkulu Selatan ini kalau dilihat jumlah dari kuota pupuk sebanyak 3.010 ton setiap tahunnya tidak kurang. Kalau kita kalkulasikan dengan jumlah lahan pertanian sawah yang dimiliki petani yang tergabung dalam kelompok tani jumlah pupuk yang didistribusikan ke Bengkulu Selatan ini cukup. Namun karena beberapa permasalahan kurangnya kemampuan pemilik kios untuk menebus pupuk tersebut sehingga berdampak pada kelangkaan pupuk,”ujar Novi.

Untuk mengatasi kelangkaan pupuk, Distan Bengkulu Selatan menerapkan kedepannya bagi pengecer atau kios pupuk yang tidak mempunyai modal untuk menebus pupuk akan di blacklist. Dan itu sudah menjadi keputusan bersama, dan pemilik kios pun sudah membuat surat pernyataan saat pertemuan di Kantor Dinas Pertanian beberapa hari yang lalu, imbuhnya.

“Pemilik kios wilayah tanggungjawabnya juga kita batasi sesuai kemampuan masing-masing. Dan direkening kios sedikitnya harus mempunyai modal paling tidak Rp 50 juta. Kalau tidak bisa menunjukan saldo direkening sebesar yang sudah ditentukan tersebut maka bersiap-siaplah uuntuk di blacklist,” tutup Novi. (tom)

Related

Polisi Ingatkan Pengunjung Wisata Pantai Waspadai Cuaca Ekstrim

Kupas News, Bengkulu Selatan – Kendati tingginya gelombang laut...

Pembangunan Titik Nol Perbaikan Jalan Bengkulu Selatan Dimulai

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat meninjau pembangunan Titik Nol...

Bhabinkamtibmas Sambangi Pasar Kutau Pantau Ketersediaan Stok Sembako

Kupas News, Bengkulu Selatan - Kepolisian Resor Bengkulu Selatan melalui...

Polisi Amankan Terduga Pelaku Penyalahgunaan Narkotika di Bengkulu Selatan

Kupas News, Bengkulu Selatan – Polres Bengkulu Selatan selidiki...

Akibat Ngantuk, Pelajar di Kota Manna Tabrak Ambulance

Kupas News, Bengkulu Selatan – Diduga mengantuk saat mengendarai...